Jumat, 19 April 2024


Prodi Peternakan Unigha Sosialisasi PMK di Pidie

06 Jun 2022, 11:47 WIBEditor : Gesha

Ir Khalidin, MP (tengah) bersama peserta | Sumber Foto:ABDA

TABLOIDSINARTANI.COM, Pidie Jaya --- Program Studi Peternakan Universitas Jabal Ghafur (UNIGHA) Pidie bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Pidie melakukan kegiatan sosialisasi pencegahan dan pengendalian penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak sapi 

Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Ir. Khalidin, MP sebagai Dosen Prodi Peternakan Fakultas Pertanian, Unigha.  Menurut Khalidin, kegiatan sosialisasi yang dilakukan di desa Sukon Ulee Gampong Indrajaya belum lama ini juga melibatkan Penyuluh Pertanian Kecamatan Indrajaya.

Sementara dari Dinas Pertanian dihadiri drh. Zoel Fadli, M.Si dan Tarmizi, S.Pt selaku tenaga keswan kecamatan Indrajaya yang juga merupakan alumni Prodi Peternakan Universitas Jabal Ghafur.

Dijelaskan kegiatan ini merupakan pengabdian kepada masyarakat yang juga mengikutsertakan sejumlah mahasiswa prodi  Peternakan. Tujuannya, untuk memberikan pemahaman pada masyarakat bagaimana upaya pencegahan dan penaggulangan penyakit agar peternak tidak resah dengan berkembangnya penyakit tersebut. 

"Dengan adanya sosialisasi diharapkan masyarakat dapat memahami dan melakukan upaya-upaya untuk memutus mata rantai penyebaran penyakit," ungkap Khalidin yang juga alumni KSDL-USK. 

Kegiatan ini dihadiri 30 peternak dan mendapat respon positif dari Keuchik, sekdes, tokoh dan masyarakat. Keuchik Saputra, SPd sangat berterima kasih dengan kehadiran tim dari Universitas Jabal Ghafur dan Dinas Pertanian, Pidie. "Kami berterima kasih dengan adanya sosialisasi, masyarakat kini memahami bahwa penyakit PMK ini masih bisa disembuhkan melalui obat-obatan dan vaksin," ucapnya.

 

Reporter : Abda
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018