Wednesday, 10 August 2022


Dinas PKP Parepare Perketat Pengawasan Kesehatan Hewan Qurban

30 Jun 2022, 09:02 WIBEditor : Herman

Dinas PKP Parepare Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Qurban

TABLOIDSINARTANI.COM, Parepare – Jelang Iduk Adha Dinas Pertanian, Kelautan, Perikanan (PKP) Kota Parepare perketat pengawasan hewan salah satunya dengan  memeriksa kesehatan hewan di beberapa tempat.  

Setelah sebelumnya melakukan pemeriksaan di kandang penjual sapi yang berada di Jalan Jendral Ahmad Yani, Kecamatan Ujung Kota Parepare, Dinas PKP Parepare bergerak melakukan pemeriksaan di kelurahan Lapadde dengan menyasar peternak dan pedagang yang ada di kota parepare 

“Saat ini dan mendekati lebaran idul adha, kita akan perketat pemantauan kesehatan hewan qurban untuk mengantisipasi penyakit PMK dan Antrax dengan turun langsung melakukan pengawasan di tiga  lokasi perbatasan yakni Parepare-Barru, Parepare-Sidrap,Parepare-Pinrang pada tanggal 4 Juli hingga malam lebaran,” jelasnya,  

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Kelautan, Perikanan (DPKP) Parepare, Drh Nurdin MP mengatakan bahwa persyaratan sapi qurban harus dalam kondisi sehat dan memenuhi syariat Islam. 

Dalam melakukan pemeriksaan kesehatan hewan, Dinas PKP juga melihat hewan yang layak qurban harus sesuai syariat islam.

“Hewan yang layak ini akan diterbitkan SKKH, itu tandanya sudah memenuhi syarat baik kesehatan maupun syariat. Sapi minimal berumur dua tahun dan kambing berumur satu tahun sesuai ketentuan syariat islam,” bebernya. 

Walaupun sapi atau kambing sehat namun jika belum cukup umurnya maka Dinas PKP tak memberikan SKKH kepada penjual. “Dengan SKKH dan pilox itu sebagai tanda hewan qurban sudah memenuhi syarat,” imbuhnya. 

Dokter Ternak Dinas PKP, drh Nurdin menambahkan, pemeriksaan hewan qurban melalui dua tahap, yakni sebelum dan sesudah pemotongan. 

“Ada dua tahap pemeriksaan, sebelum pemotongan dan sesudah. Sehingga kalau ada yang terlewatkan bisa diantisipasi,” jelasnya.

 Dia menuturkan, penyakit ternak di Kota Parepare belum ada yang terdeteksi baik PMK maupun antraks, hanya saja perlu waspada sehingga pemeriksaan hewan harus diperketat dengan maksud untuk mengantisipasi dan memastikan bahwa keluar masuknya ternak di parepare  

Dari data Dinas PKP Parepare, stok sapi di Kota Parepare mencapai 1.100 ekor sedangkan untuk kebutuhannya berkisar 600 sampai 700 ekor sapi. 

Kebutuhan sapi hingga ini aman, stoknya 1.100 ekor melebihi dari jumlah kebutuhan masyarakat yang berkisar 700 ekor.

 

sedangkan untuk kambing stok kambing stoknya 800 ekor dan kebutuhan masyarakat berkisar 300 ekor

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018