Monday, 08 August 2022


Mengatasi Keracunan pada Kambing

25 Jul 2022, 09:20 WIBEditor : Gesha

Mengatasi keracunan pada kambing | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor -- Bagi peternak kambing, keracunan masih membayangi peternak. Sebenarnya, ada cara untuk mengatasi keracunan ini pada kambing ini menurut Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbang Peternakan). 

Jika Anda memiliki peternakan kambing, salah satu kendala yang banyak dialami adalah keracunan pada ternak. Penyebab keracunan biasanya pakan yang dikonsumsi mengandung bahan kimia ataupun bahan padat yang tidak dapat dicerna dengan baik pada sistem pencernaan kambing.

Keracunan seperti ini bisa terjadi kapan pun. Salah satu penyebab keracunan adalah saat kambing mengonsumsi daun ketela atau ubi kayu yang banyak terpapar zat sianida yang cukup tinggi.

Namun, jika itu terjadi, Anda tidak perlu khawatir. Berikut cara mengatasi keracunan pada ternak kambing. Kambing yang keracunan ini disebabkan oleh bahan kimia yang ada pada rumput dan tanaman lainnya. Biasanya, para petani membasmi rumput dengan bahan kimia dari pestisida berbahan aktif atau sintetis.

Apabila kambing mengonsumsi larutan pestisida yang menempel pada rumput, kambing tersebut akan mengalami keracunan. Ternak kambing yang keracunan tanaman mengandung zat sianida akan mengalami gangguan pada rumen.

Jika didiamkan dalam waktu 15 menit, rumen akan mengabsorbsi dan cepat mengalami detoksifikasi. Akibatnya, ternak akan mengalami kematian mendadak karena ketidakmampuan sel menggunakan oksigen dan terganggunya pencernaan.

Gejala kambing yang keracunan atau toksifikasi antara lain : mulut berbusa, kejang-kejang, kemerahan dan pembengkakan pada muka, diare berdarah dan kematian mendadak. Kambing yang keracunan sudah lebih dari 3 jam pengobatan akan sulit dilakukan.

Kalau keracunan belum 3 jam dapat ditangani dengan memberi minum air kelapa. Kemudian berikan minum tablet norit 2-3 buah.

Dalam peternakan tradisional, pengobatan kambing yang mengalami keracunan dapat diberikan minyak kelapa atau menggunakan kelapa muda dengan meminumkannya ke ternak.

Untuk pencegahan yang dapat dilakukan supaya ternak kambing tidak mengonsumsi pakan mengandung sianida adalah memberikan pakan yang tidak ada kandungan tersebut. 

Lakukan pencacahan pada bahan pakan dan pengembalaan dengan rumput yang baik dikonsumsi untuk ternak kambing.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018