Selasa, 27 September 2022


Bhabinkamtibmas Desa Lombo Pantau Ternak Warga Terserang PMK

14 Sep 2022, 09:45 WIBEditor : Herman

Bripka M.Iqbal Zainuddin Bhabinkamtibmas desa Lombo {Pantau Ternak Warga Terserang PMK

TABLOIDSINARTANI.COM, Sidrap – Mendengar ternak warga terserang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Bhabinkamtibmas Desa Lombo, Kabupaten Sidrap, langsung turun ke lapangan untuk melakukan pemantauan dan edukasi kepada warga sekitar.

Bripka M. Iqbal Zainuddin langsung turun ke lapangan mengunjungi kandang kambing milik Putrawan di Desa Lombo yang kabarnya terserang penyakit PMK.

Dalam pemantauan tersebut, Bripka Iqbal mendapatkan informasi dari peternak bahwa serangan penyakit PMK di Desa Lombo sangat cepat menular dan mematikan.

"Tadinya jumlah kambing saya ada 13 ekor, sekarang sudah mati 3 ekor karena terserang penyakit," ungkap Putrawan.

Putrawan menerangkan bahwa hewan ternaknya mengalami gejala seperti benjol-benjol pada mata dan mulutnya.

Bripka Iqbal memberikan saran kepada peternak agar terus melakukan pemantauan pada hewan ternak dan memisahkan hewan yang sakit agar bisa dilakukan langkah penularan lebih luas.

“Hal yang penting dilakukan lainnya adalah pemberian vitamin dan antibiotik pada hewan agar penularan penyakit PMK tidak meluas,” tambahnaya.

Pada kesempatan tersebut Bripka Iqbal juga terus melakukan himbauan dan edukasi kepada masyarakat tentang vaksinasi untuk tetap selalu menjaga protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19.

Reporter : Suriady
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018