Kamis, 09 Februari 2023


Upgrade Mawah Farm Aceh Timur dengan Program Pengabdian Dosen

30 Nov 2022, 08:59 WIBEditor : Gesha

Pendampingan dosen untuk Mawah Farm | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Aceh Timur -- Kegiatan Pengabdian Dosen Universitas Samudra di kelompok Peternak farm, memberikan dampak yang positif bagi peningkatan skill peternak dalam hal pengolahan dan peningkatan kualitas pakan ternak serta manajemen kandang.

Dampak positif tersebut terungkap dalam kegiatan Monev (Monitoring dan Evaluasi) yang dilakukan oleh LPPM dan PM (Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Penjaminan Mutu) Universitas Samudra pada kegiatan PKM Dosen di Kelompok Mawah Farm Aceh Timur pada awal Oktober 2022. Program PKM yang berjudul Penerapan Feed Technology Dan Upgrade Skill Peternak Untuk Peningkatan Usaha Mawah Farm di Rantau Panjang Aceh Timur digawangi Dr. Rini Mastuti, M.P dengan anggota Dr. Muhammad Fuad, M.M.

Monev dilakukan LPPM dalam rangka untuk melihat dan menilai sejauh mana program telah dilakukan, dampaknya, serta capaian yang sudah diperoleh dibandingkan dengan perencanaan program diawal. Tim Monev dipimpin oleh Ary Kiswanto Kenedi, M. Pd dengan anggota Dr. Usman sebagai reviewer. Monev PKM dilakukan sebanyak 2 kali yaitu Monev di lapangan dan Monev administrasi yang dilakukan di ruangan LPPM dan PM Universitas Samudra.

Hasil Monev cukup memuaskan, karena antara perencanaan kegiatan dan realisasi di lapangan sudah cukup sesuai. Capaian luaran PKM juga hampir terpenuhi semua.

Chaidir, Ketua kelompok peternak Mawah Farm pada saat diskusi dengan pihak reviewer, menyampaikan ucapan terimakasih dan bersyukur karena kelompoknya telah dibantu untuk upgrade. "Kami bersyukur dan berterimaksih kepada semua pihak. Semoga dengan adanya kegiatan ini kelompok Mawah Farm lebih maju dan berkembang sehingga pendapatan kami dapat meningkat," ujarnya.

Harapan kedepan adalah, semoga kedepan akan lebih banyak lagi program dari Dosen atau Kampus untuk pengembangan usaha masyarakat khusunya di Mawah Farm, sehingga perekomian masyarakat dapat lebih meningkat.

Reporter : Rini
Sumber : Unsam
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018