Kamis, 09 Februari 2023


Waspada Jembrana, Disnakbun Pinrang Sosialisasi Pengendalian dan Penanggulangan

18 Jan 2023, 00:09 WIBEditor : Herman

Sosialisasi Penyakit Jembrana | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Pinrang --- Penyakit jembrana menjadi salah satu penyakit yang perlu diwaspadi para peternak. Khusus di Kabupaten Pinrang, Dinas Peternakan dan Perkebunan Pinrang melakukan sosialisasi dan penanggulangan.

Dipimpin langsung Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Pinrang, drh.Elvi Martina sosialisasi penyakit jembrana dilakukan di Kelurahan Kassa.

Elvi mengatakan, Penyakit Jembrana menjangkiti hewan ternak sapi mengkhusus pada ternak sapi jenis sapi bali.

Penyakiti ini, tidak menjangkiti ternak sapi jenis eksotik seperti limousin dan simental, namun tetap harus diwaspadai para peternak karena jenis sapi bali merupakan ternak populer bagi sebahagian peternak sapi di Pinrang.

“Pemerintah Kabupaten Pinrang melalui Dinas yang dipimpinnya, akan melakukan vaksinasi massal di 5 kecamatan tertular dan pengobatan bagi ternak yang sakit pada 17 – 23 Januari 2023 untuk memberikan kekebalan dan membentengi ternak dari penyakit jembrana ini,” jelasnya.

Ditambahkan Evi, upaya ini tentunya membutuhkan respon yg positif dari peternak untuk menjaga kesehatan ternaknya guna meningkatkan produktivitas.

“Para peternak juga diharapkan memperhatikan control vector pembawa penyakit ini yaitu lalat penghisap darah, hal ini dapat dihindari dengan penyemprotan insektisida disekitar kendang selain upaya vaksinasi terhadap hewan ternak sapi,” ungkap Evi.

Elvi berharap, kesadaran para peternak akan bahaya penyakit menular pada hewan ternak, dapat meningkat, hal ini sebagai upaya untuk menghindari merebaknya penyakit menular ini secara masiv.

 

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018