Jumat, 21 Juni 2024


Peternak Kambing dan Domba di Banjarnegara Belajar Low Cost Farming

29 Apr 2024, 06:32 WIBEditor : Gesha

Pelatihan Low Cost Farming | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Banjarnegara -- Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara mengadakan pelatihan tematik berjudul "Low Cost Farming" di aula Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Banjarnegara pada hari Sabtu (27/04). 

Koordinator Petugas Pertanian dari Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Banjarnegara, Yekti Nunihartini, S.P menjelaskan, pelatihan tematik ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam praktik budidaya ternak kambing dan domba secara efisien.

Konsep "Low Cost Farming" yang diterapkan dalam pelatihan ini menekankan penggunaan sumber daya yang tersedia secara efisien, termasuk pemanfaatan bahan-bahan lokal yang murah dan mudah diperoleh untuk produksi pakan ternak yang berkualitas.

"Hal ini diharapkan dapat membantu petani mengurangi biaya produksi dan meningkatkan profitabilitas usaha ternak mereka," ujarnya.

Dirinya menambahkan, Kegiatan pelatihan ini merupakan langkah konkret dalam mendukung peningkatan kesejahteraan petani di Kabupaten Banjarnegara pada umumnya dan petani di Kecamatan Banjarnegara pada khususnya. 

Kegiatan yang diadakan di aula Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Banjarnegara ini berhasil menarik perhatian. Pelatihan tersebut diikuti oleh 40 peserta dari berbagai kalangan petani di wilayah Kecamatan Banjarnegara dan dipandu oleh narasumber berpengalaman dalam bidang budidaya kambing dan domba, yaitu Maman Fansyah, S.Pd.

Selain sebagai seorang praktisi budidaya, Maman juga merupakan petani berpengalaman serta menjabat sebagai Ketua Koperasi Bima Lukar dan Ketua Himpunan Peternak Domba Kambing di Banjarnegara.

Dalam sesi pelatihan, Maman Fansyah tidak hanya menyampaikan teori tentang motivasi beternak, tetapi juga memberikan panduan praktis dalam pembuatan pakan ternak yang mudah dan murah. Peserta pelatihan menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti setiap materi yang disampaikan.

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Ketua Kelompok Jabatan Fungsional Ir. Rukmi Herta Ekoprapti dari Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara.

Ir. Rukmi Herta Ekoprapti menyatakan apresiasi atas antusiasme dan partisipasi aktif peserta dalam kegiatan ini, serta berharap pengetahuan yang didapat dapat diimplementasikan dengan baik dalam praktek budidaya mereka.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018