Jumat, 21 Juni 2024


Cegah Penyebaran PMK, Babinsa Koramil 01/Rgt Dampingi Peternak

29 Apr 2024, 13:16 WIBEditor : Gesha

Babinsa Koramil 01/Rengat, Sertu Eli Suprian, aktif melakukan pendampingan dan pemantauan terhadap hewan ternak warga untuk mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Indragiri Hulu -- Babinsa Koramil 01/Rengat, Sertu Eli Suprian, aktif melakukan pendampingan dan pemantauan terhadap hewan ternak warga untuk mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Babinsa Sertu Eli Suprian menjelaskan bahwa setelah melakukan pengecekan dan sosialisasi di rumah warga, beliau juga memberikan informasi mengenai pencegahan wabah PMK.

Tujuannya adalah untuk mencegah hewan ternak warga terkena penyakit PMK, terutama di wilayah binaannya di Desa Rawa Bangun, Kecamatan Rengat.

Sertu Eli Suprian juga menyampaikan bahwa mereka akan melaporkan kepada petugas kesehatan hewan (keswan) jika menemukan kambing atau sapi yang terjangkit penyakit tersebut.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Babinsa terhadap warga binaannya. Selama pemantauan, beberapa ekor ternak telah diperiksa dan alhamdulillah tidak ditemukan tanda-tanda penyakit mulut dan kuku, semuanya dalam kondisi sehat.

"Kami juga mengajak warga untuk segera melapor kepada Babinsa atau petugas keswan jika ada hewan ternak yang menunjukkan gejala penyakit PMK. Dengan penanganan yang cepat, diharapkan dapat mencegah kerugian besar atau penjualan hewan dengan harga murah oleh pemiliknya," tambahnya.

Untuk menjaga kesehatan hewan ternak, penting untuk menjaga kebersihan kandang dengan membuang kotoran setiap hari dan menyemprot kandang dengan disinfektan untuk membunuh virus. Apabila ada hewan yang terjangkit PMK, pertolongan pertama adalah memberikan vitamin C yang dihaluskan dan dioleskan di mulutnya.

Selain itu, memberikan jamu kunyit yang diberikan melalui minuman serta mengobati kakinya dengan mengoleskan oli kotor. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan hewan ternak dapat pulih kembali.

Reporter : Nattasya
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018