Jumat, 13 Desember 2019


Ternak Anda Tak Mau Makan, Kasih Tetes Tebu

13 Apr 2016, 10:17 WIBEditor : Kontributor

 

Tidak perlu gelisah bila ternak Anda tidak mau makan. Ambil saja tetes tebu/molase, tambahkan pada pakan, maka ternak Anda akan bergairah kembali nafsu makannya.


"Bau serta rasa yang khas pada tetes tebu sangat membantu untuk meningkatkan nafsu makan pada ternak. Sehingga, semakin banyak pakan yang dimakan maka ternak akan semakin gemuk,” tutur Guru Besar Fakultas Peternakan IPB, Yuli Retnani ketika ditemui Sinar Tani.

Tetes tebu adalah cairan limbah sisa dari pengkristalan gula pasir yang sudah tidak dapat dikristalkan lagi.  Kandungan tertinggi yang terdapat pada tetes tebu adalah sukrosa yang mencapai 48-55%. Sedangkan kandungan lainya adalah mineral esensial seperti kobalt, boron,iodium, copper, mangan, seng, dan mengandung karbohidrat tinggi. Selain itu, juga mengandung vitamin B kompleks dan vitamin–vitamin yang larut dalam air. 


“Tak hanya itu, tetes tebu juga bisa menjadi energi esensial bagi ternak khususnya dalam kondisi cuaca yang kurang baik,” tambah Prof. Yuli.

Cara pemberian tetes tebu pada ternak, tidak diberikan   secara langsung kepada ternak, melainkan disemprotkan pada hijauan atau campuran biji-bijian dan di campur dengan bahan pakan lainnya. Sebagai pengawet pada pembuatan silase. Molasses berperan sebagai sumber energi bagi bakteri fermentasi .
Tapi ingat, jangan terlalu banyak memberikan molase. Ada efek negatif sari molasses bila terlalu banyak dikonsumsi ternak sapi, yakni bisa menyebabkan diare karena kadar kaliumnya yang tinggi dan untuk toleransi yang dapat dikonsomsi di ternak sapi adalah sebesar 15% dari campuran bahan konsentrat. Gsh

Editor : Ahmad Soim

BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018