Minggu, 08 Desember 2019


Charoen Pokphan Siap Turunkan Harga Ayam

02 Jun 2016, 11:28 WIBEditor : Kontributor

 

Setelah harga beras yang stabil dan bawang yang perlahan turun, kini ayam menjadi perhatian Menteri Pertanian.

 Di beberapa pasar tradisional dan eceran sekitar Jabodetabek, harga ayam broiler mencapai harga Rp 35-36 ribu per ekornya.  Harga tersebut dinilai Menteri Pertanian, Amran Sulaiman masih tinggi. Oleh karena itu, dirinya melakukan kunjungan kerja ke Pabrik Pengolahan Ayam milik PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk di Cikande, Serang dan plasma peternakan ayam broiler di Kampung Pabuaran, Kabupaten Serang, Rabu (1/6).

Mentan menyoroti anomali kenaikan harga ini lantaran terjadi pada saat stok ayam broiler masih melimpah. "Di bulan Juni, produksi kita (ayam broiler), 252 ribu ton sedangkan kebutuhan hanya 112 ribu ton, artinya 2kali lipat (ketersediaannya). Tetapi kenapa naik?," geramnya.

Melihat fenomena ini, Mentan mengatakan  perlu diadakan operasi pasar untuk menekan agar harga ayam tersebut turun. "Kita akan banjiri pasar dengan sistem operasi pasar untuk menekan harga daging ayam hingga menyentuh harga Rp 30.000-32.500 di konsumen," tegasnya.

Sebelumnya, Mentan juga telah mengadakan pertemuan dengan 10 besar produsen ayam di Jakarta dan menyatakan kesediaannya untuk memasok ayam lebih banyak agar harga turun. "Mekanismenya tetap ada kontrol agar bertahan di harga Rp 32.500. Jika sudah bertahan, stop banjiri pasar," tuturnya.

Operasi pasar ayam broiler ini menurut Mentan sudah dilakukan sejak kemarin dan berlanjut secara kontinu hingga H+6 setelah Lebaran Idul Fitri.

Mentan Amran Sulaiman meminta produsen ayam broiler untuk memasok ke semua pasar mulai dari pasar tradisional hingga pasar modern (hypermarket).

"Bisa di Jabodetabek, siapa saja butuh. Jaringan dari Charoen juga ada di seluruh Indonesia. Surabaya, Semarang, Medan, Makassar dan kota-kota besar lainnya. Kami minta seluruh Indonesia dilakukan operasi pasar," tutur Amran.

Direktur Utama PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk, Hadi Gunawan menyatakan kesanggupannya untuk membanjiri pasar dengan ayam segar higienis dari perusahaannya. Gsh

 

Editor : Ahmad Soim

BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018