Minggu, 08 Desember 2019


Vita-min Block Si Manis Asin Meningkatkan Produktivitas Ternak Domba

06 Jun 2016, 09:58 WIBEditor : Kontributor

Sebagian besar ruminansia seperti domba yang berada di daerah pertanian pasti sering diberi pakan  jerami atau  buangan hasil/sisa panen  pertanian. Selain mudah didapat, hijauan berkualitas baik sangat sulit diperoleh, lebih-lebih saat musim kemarau. Padahal, pakan tersebut sulit dicerna, miskin kandungan protein, mineral, dan vitamin. Akibatnya, domba atau sapi dengan pakan jerami atau sisa pertanian umumnya rendah pertambahan bobot badannya.

Untuk meningkatkan pertumbuhan berat badan, domba harus makan hijauan bergizi dalam jumlah yang cukup. Penambahan vitamin dan mineral ini diharapkan dapat meningkatkan nafsu makan domba dan meningkatkan kecernaan dari pakan yang dikonsumsi.Berdasar penelitian, mineral block dapat meningkatkan kecernaan serat pakan hingga 20% dan meningkatkan konsumsi pakan antara 25 – 30%.

Manfaat UMB : Sumber protein (NPN), energy dan mineral, Sebagai suplemen, Dapat meningkatkan kecernaan dan konsumsi zat-zat makanan dari bahan pakan berserat tinggi, Meningkatkan produktivitas ternak.

 

Bagaimana Membuat Vita-Min Block

Vita-Min Block adalah pakan suplemen untuk ternak ruminansia, berbentuk padat, mengandung zat-zat makanan, disebut juga permen jilat. Dibagi dalam empat tahap pembuatan : Penyusunan bahan-bahan,  Pencampuran, Pengecoran, Pengeringan

 

Penyusunan bahan-bahan

Langkah pertama adalah menyusun dan menimbang bahan-bahan utama pembuatan vita-min block. Bahan tersebut diantaranya; 1) bahan utama molases, 2) urea dan vitamin serta 3) bahan pengisi dan penyerap molase seperti dedak atau limbah pertanian, dan 4) bahan pemadat seperti semen.

Molases ditambahkan untuk memberi rasa wangi dan manis memancing ternak untuk menjilat. Molases memberikan energi dan nutrisi lain dan mineral seperti sulfur. Penambahan molases tidak lebih dari 40 – 50% karena molases berlebihan menyebabkan UMB mudah pecah dan kering sangat lama. Molases bisa diganti tapioka.

Urea ditambahkan tidak lebih dari 10%.Penambahan urea berlebihan dapat menyebabkan keracunan. Urea penting untuk meningkatkan kecernaan dan menyediakan protein. Bisa ditambahkan vitamin alami atau bahan obat organik seperti tepung kunyit, bawang putih, daun pepaya dan sejenisnya.

Dedak padi berfungsi untuk menambahkan protein dan membantu mengikat bahan menjadi padat membentuk block. Dedak bisa digantikan dengan potongan daun atau limbah pertanian pada kisaran 25-60% bahan.

Garam diberikan pada kisaran 5 – 10%. Berfungsi untuk menambahkan mineral dan mengontrol tingkat konsumsi. Calsium carbonat (kapur) dan dicalcium phospate dapat ditambahkan untuk menyediakan tambahan calcium dan phospor.

Semen ditambahkan sekitar 10 – 15% untuk menambah kepadatan mineral blok menjadi keras. Semen mengandung kalsiumdan dapat diganti dengan clayyaitu bahan tanah liat dalam pembuatan bata. Bisa juga pencampuran semen dan clay.

Pencampuran

Proses pencampuran dilakukan setelah dilakukan penimbangan. Prinsip pencampuran adalah dari bahan paling sedikit sampai paling banyak. Dimulai dengan menambahkan urea dalam molases sambil terus diaduk selama 20 menit. Urea harus benar-benar tercampur rata. Untuk meningkatkan kemudahan pencampuran, penanganan dilakukan diawah sinar matahari. Jangan pernah menambahkan air pada molases.

Buat campuran semen dengan air sampai menjadi pasta kemudian campur dengan garam.

Campur semua bahan dan tambahkan bahan pengisi seperti dedak pada campuran tersebut.Kelebihan molases dan urea cenderung menurunkan kekerasan block, jika block terlalu keras kurangi proporsi cement atau clay dan  sedikit tambahkan molases. Jika terlalu lembut, tambahkan sement atau clay dan kurangi molases.

Pencetakan dan Pengeringan

Bahan yang sudah dicampur dicetak. Beri lubang untuk menggantung vita-min block. Cetakan bisa dibuat dari paralon atau kayu. Vita-min block bisa berbentuk bulat atau kotak. Setelah dicetak dikeringkan. Pengeringan jangan langsung dibawah sinar matahari. 

Peralatan yang digunakan adalah timbangan, wadah pencampur, pencetak dan pengaduk.

 Hasil Akhir Vita-min Block

Vita-min Block yang benar berwarna coklat dengan aroma khas molases, rasanyasedikit asin manis, kekerasannya padat dan kenyal, kesat dan lidak berlendir. Vita-min Block yang tidak baik berbintik putih dan belang menandakan berjamur, bau tengik dan busuk, rasa dan bau asam, bergumpal dan remah serta berlendir.

Pemberian

Dosis pemberian per hari untuk masing -  masing jenis ternak (per 100 kg BB)akan meningkat dan dapat diberikan kepada ternak.

Kambing               :400 gr

Sapi potong           :150 gr

Sapi perah            :75  gr 

Ria Heriawati, S.Pt (Penyuluh Peternakan)

 

 

Editor : Ahmad Soim

BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018