Jumat, 22 Februari 2019


Cegah Mewabah, Polbangtan Yoma Rutin Beri Vitamin pada Unggas

11 Jan 2019, 08:01 WIBEditor : Gesha

Mahasiswa Polbangtan Yogyakarta Magelang dilibatkan dalam penanganan penyakit unggas di laboratorium kandang, sekaligus menjadi upaya praktek pencegahan wabah penyakit | Sumber Foto:POLBANGTAN YOMA

Selain untuk menambah wawasan, ini juga untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Yogyakarta --- Musim penghujan tiba, disaat inilah ternak unggas sering terkena penyakit. Untuk mencegah mewabahnya penyakit, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma) lakukan vaksinasi dan pemberian vitamin rutin.

Hal ini terlihat saat mahasiswa Polbangtan Yoma melakukan Jurusan Peternakan lakukan pengobatan massal terhadap ayam kampung super yang berada di laboratorium Ternak Unggas, Kamis (10/1).

Setidaknya ada 10 mahasiswa secara terjadwal melakukan pengecekan dan memberikan vitamin terhadap unggas berkaitan dengan adanya wabag penyakit.

Pelaksanaan pengobatan massal ini dilakukan selama 3 hari kedepan setiap pagi dan sore hari.

“Karena adanya wabah penyakit unggas, kami mengarahkan mahasiswa secara terjadwal untuk melakukan pengecekan dan pemberitan vitamin terhadap unggas- unggas yang berada di Laboratorium Unggas Ternak di Polbangtan Yoma. Selain untuk menambah wawasan, ini juga untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa,” tukas Kepala Laboratorium Ternak Unggas di Polbangtan Yoma, Nur Prabewi.

Wabah yang tersebar biasanya disebabkan stress lingkungan yang berakibat diare diantaranya berak putih atau pillorum, berak hijau atau Cholera dan berak merah atau Coccidiosis, dan juga adanya snot.

Pengobatan yang dilakukan menggunakan trymicin melalui air minum atau juga oral melalui mulut dan medoxi dengan injeksi secara intramusculer.

Melibatkan mahasiswa tingkat I dalam pengobatan masal ini, diharapkan mahasiswa mampu dan siap terjun kelapangan, agar dapat selalu siap terjun ke lapangan kapanpun. 

Reporter : Echa
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018