Minggu, 18 Agustus 2019


Mau Dapat Bantuan, Peternak Cilacap Dilatih Kesehatan Hewan

22 Jul 2019, 17:14 WIBEditor : Yulianto

Peternak peserta pelatihan budidaya ternak di Cilacap | Sumber Foto:Wasis

Melalui pelatihan ini diharapkan semakin meningkatnya kewaspadaan dalam mendeteksi keberadaan ancaman penyakit hewan dan juga meningkatkan komunikasi diantara peternak dengan petugas kesehatan hewan

TABLOIDSINARTANI.COM, Cilacap---Kesehatan hewan menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam beternak. Untuk membantu peternak, Dinas Pertanian, Kabupaten Cilacap menggelar pelatihan agar peternak lebih memahami cara merawat ternaknya.

Melalui pelatihan ini diharapkan semakin meningkatnya kewaspadaan dalam mendeteksi keberadaan ancaman penyakit hewan dan juga meningkatkan komunikasi diantara peternak dengan petugas kesehatan hewan. Pelatihan kesehatan hewan bagi peternak ini juga untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan hewan, sehingga diharapkan layanan kesehatan hewan kepada peternak dapat meningkat.

Dokter Hewan Rudi Hermawan dari bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap mengatakan, kesehatan hewan sebagai kunci sukses peternak. Dengan hewan yang selalu sehat hasil panen cukup memuaskan.

Menurutnya, kesehatan hewan dipengaruhi berbagai faktor. Diantaranya, kualitas pakan, kebersihan kandang dan perawatan. Agar hewan selalu sehat, peternak juga wajiba menjaga kebersihan kandang. Selain itu, diberikan vitamin yang didapat secara tradisional alami atau kimiawi.

Disarankan untuk memberikan vitamin yang secara alami seperti ramuan dari temu-temuan serta dedaunan berkhasiat misal, pepaya dan kelor,” kata Rudi yang memberikan materi Kesehatan Hewan.

Secara terpisah Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Cilacap Bambang Setiawan mengatakan, kegiatan pelatihan budidaya ternak dilaksanakan pada tingkat kelompok ternak calon penerima bantuan tahun 2019. Pelatihan dimulai sejak pertengahan Mei sampai pertengahan Juni 2019.

Kegiatan itu sudah dilaksanakan dengan peserta 40 kelompok ternak. Secara keseluruhan sekitar 200 kelompok ternak. Direncanakan Pemda akan memberikan bantuan ternak berupa, ayam, bebek, kelinci, kambing atau domba dan sapi.

Harapannya para peternak setelah menerima bantuan hewan ternak akan lebih tekun dan telaten dalam merawatnya. Dengan bantuan ini sudah meringankan peternak dalam modal awal hewannya. Semoga berkembangbiak beranak pinak dan dapat meningkatkan kesejahteraan peternak itu sendiri," paparnya.

Pelatihan Kesehatan Hewan di kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap. Peserta dari peternak yang diikuti oleh 20 orang dari Desa Kalisabuk dan Kesugihan Kidul Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap.

Sementara itu, peserta pelatihan, Sadiman dari Kelompok Ternak Makmur Desa Kalisabu, Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap mengakui, peternak masih perlu pelatihan terutama mengenai kesehatan hewan. Dengan pelatihan diakui, pengetahuan peternak bertambah, terutama mengenai pencegahan serta mengobati ternak yang sakit.

“Dalam merawat ternak juga disarankan memberikan jamu Jawa tradisional untuk pencegahan penyakit yang ada dalam perut. Sedangkan yang penyakit kulit juga diarahkan memakai obat welirang dengan minyak goreng serta garam untuk dioleskan,” tuturnya.

Reporter : Wasis
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018