Wednesday, 26 February 2020


Siap-siap! Indonesia akan Ekspor Sayuran ke Jepang Tiap Minggu

21 Jan 2020, 15:12 WIBEditor : Clara

Gunawan bersama petugas Karantina Cilegon sedang memamerkan produk petai dan cabai keriting merah yang akan diekspor ke Jepang | Sumber Foto:Tiara

Rencanannya akan ada lebih dari 500 kg yang akan dikirim rutin tiap minggunya

TABLOIDSINARTANI.COM, Cilegon --- Ekspor memang menjadi salah satu program utama di Kementerian Pertanian, makanya kegiatan ekspor benar-benar digenjot kali ini. Seperti ekspor produk pertanian berupa sayuran asal Indonesia akan dilakukan oleh Indonesia ke Jepang setiap minggu. Tentu ini menjadi angin segar bagi orang-orang Indonesia yang berada di Jepang.

Eksportir sayuran ke Jepang, Ahmad Gunawan mengaku mendapatkan pesanan dari pasar swalayan dan restoran di Jepang. “Enam puluh kilogram petai dan sayuran lainnya ini merupakan pesanan perdana. Rencanannya akan ada lebih dari 500 kg yang akan dikirim rutin tiap minggunya,” ungkapnya.

Komoditi yang akan diekspor ke Jepang untuk sementara ini adalah petai, cabai keriting merah, dan cabai rawit merah.  Untuk petani, Gunawan memperoleh  dari kebun petani di Serang. Dia kemas dengan kemasan plastik hampa udara dan dibekukan, begitu pula dengan cabainya. Semuanya kemudian dikirim mengunakan jasa pengiriman. “Dengan bisnis ini saya mampu mengantongi keuntungan sebanyak 20-100 persen,” jelasnya.

Di Negeri Matahari Terbit, memang tidak bisa dipungkiri banyak orang-orang Indonesia yang bermukim di sana. Dari mulai menimba ilmu, hingga bekerja di sana menjadi alasan orang-orang Indonesia untuk tinggal di negeri yang terkenal akan Sushi-nya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Karantina Pertanian Cilegon, Raden Nurcahyo memfasilitasi persyaratan ekspor dalam pemenuhan sertifikat kesehatan tumbuhan agar ekspor tidak ditolak oleh negara tujuan. “Kini masyarakat semakin maju dan modern, pandai menangkap peluang bisnis yang sangat baik, kami Karantina Pertanian akan mendukung penuh agar ekspor pertanian Indonesia maju," ujarnya.

Reporter : Tiara
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018