Jumat, 14 Juni 2024


Karantina Indonesia Dorong Produk Pertanian-Perikanan Sulut Tembus Pasar Internasional

24 Mei 2024, 07:05 WIB

Badan Karantina Indonesia | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Manado -- Badan Karantina Indonesia mendorong produk pertanian dan perikanan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) agar menembus pasar internasional.

"Kami mempercepat ekspor untuk mendukung produk pertanian dan perikanan kami agar sukses di pasar internasional," ungkap Kepala Karantina Sulawesi Utara, I Wayan Kertanegara, di Manado.

Dia menyatakan, kegiatan ini akan menghasilkan rencana kerja efektif untuk mendukung dan meningkatkan ekspor, sambil mengevaluasi kegiatan ekspor komoditas pertanian dan perikanan untuk mengatasi Notifikasi Ketidaksesuaian (NNC) dari negara tujuan.

Karantina Sulawesi Utara bertekad memberikan dukungan penuh kepada para pelaku usaha agar produk mereka memenuhi standar persyaratan yang ditetapkan negara tujuan.

Sulawesi Utara merupakan wilayah potensial yang menghasilkan produk hewan, ikan, dan tumbuhan unggulan berkualitas ekspor. 

Contohnya, komoditas pertanian seperti pala, kelapa, dan produk turunannya sering diekspor. 

Dari sisi perikanan, komoditas seperti kerapu segar dan olahan tuna secara rutin diekspor. 

Di masa depan, diharapkan produk-produk lain akan menambah keragaman ekspor pertanian dan perikanan dari Sulawesi Utara.

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018