Wednesday, 14 April 2021


Apresiasi untuk Kiprah Sinar Tani yang Luar Biasa

31 Aug 2020, 17:02 WIBEditor : Yulianto

Tabloid Sinar Tani dari masa ke masa | Sumber Foto:Julian

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Kiprah Tabloid Sinar Tani dalam menemani petani dan penyuluh mendapat apresiasi dari Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Prof Dedi Nursyamsi dan Gubernur Kalimantan Timur, Dr. Isran Noor.

“Saya ucapkan selamat Ulang Tahun. Kita semua tahu kiprah Sinar Tani luar biasa. Saya berharap kiprah sinartani dalam membimbing penyuluh dan petani bisa terus berlanjut, sehingga produski dan produktivitas pertanian bisa ditingkatkan terus,” kata Dedi Nursyamsi saat Webinar Peran Startegis Penyuluh Pertanian dalam Kostratani di Jakarta, Senin (31/8)

Untuk memperkuat penyuluh pertanian, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian membuat program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani). Program ini menjadi andalan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). “Dengan Kostratani, penyuluh akan lebih diberdayakan, sehingga fungsi penyuluh bisa menggenjot produksi dan produktivitas lebh mantap,” katanya.

 

Sementara itu Isran Noor juga mengakui, selama ini peran Sinar Tani telah menjadi media, partner dan teman penyuluh dalam melaksanakan tugas penyuluhan di seluruh pelosok tanah air. “Selamat kepada Sinar Tani yang telah berusia 50 tahun,” katanya.

Saya juga bangga menjadi penyuluh pertanian. Sampai mati, saya tetap menjadi penyuluh pertanian. Saya akan tetap menggunakan dan menyampaikan ke anggota menjadikan Sinar Tani menjadi bahan bermanfaatkan dalam melaksanakan tugas penyuluhan pertanian,” tambah Ketua Umum Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani).

Sementara itu, Pimpinan Umum Sinar Tani, Achmad Saubari Prasodjo mengatakan, lahirnya Sinar Tani bersamaan dengan penyuluh pertanian lapangan (PPL). Pada saat yang sama Menteri Pertanian mengangkat PPL, sekaligus meluncurkan Surat Kabar Sinar Tani pada 29 Agustus 1970. “Karena lahir bersama Sinar Tani dan PPL menjadi dua serangkai,” ujarnya.

Pada saat diluncurkan, Sinar Tani mendapat tugas menyampaikan informasi kebijakan dan teknolog pertanian terbaru untuk membekali PPL sebagai ujung tombak pelaksana pembangunan pertanian. Salah satu kontribusinya nyata peranan dua serangkai Sinar Tani dan PPL adalah keberhasilan dalam Program BIMAS.

“Sinar Tani mendukung program PPL yaitu  dengan informasi yang digunakan PPL dalam tugasnya sebagai unsur catur sarana di seluruh Indonesia,” ungkapanya.

Di usia ke 50 tahun hingga kini Sinar Tani tetap memberikan informasi kepada penyuluh setiap minggu di seluruh pelosok tanah air, termasuk daerah perbatasan Misalanya, di salah satu pulau kecil Sagihe Talaud, Sukawesi Utara yang berbatasan dengan Filipina. “Terbukti Sinar Tani mampu menembus sekat otonomi provinsi maupun kabupaten. Tembus langsung ke penyuluh pertanian di penjuru daerah,” katanya.

Saubari mengakui dalam kurun waktu 50 tahun tidak mudah dalam perjalanan Sinar Tani. Meski ada lika-liku, naik turun, namun Sinar Tani tetap berkarya, menapak maju dna independen, fokus penyuluhan dan menyalurkan informasi dari hulu hingga hilir sehingga tetap menjadi ikon bagi PPL.

Menyadari Sinar Tani menjadi bahan informasi PPL untuk diolah menjadi bahan penyuluhan, kini Sinar Tani terbit dalam tiga versi yakni cetak, e-paper dan Tabloid Sinar Tani online. “Semua itu bisa digunakan sebagai amunisi penyuluh untuk memompa penyuluh dan bergerak maju bagi penyuluh,” katanya.

 

Reporter : Julian
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018