Friday, 07 August 2020


Gula Langka di Pasar, Bulog Siapkan Stok

31 Mar 2020, 06:23 WIBEditor : Yulianto

Bulog siapkan kebutuhan gula untuk masyarakat | Sumber Foto:Julian

Guna tetap menjaga social distancing dan physical distancing, BULOG sendiri sudah memiliki sistem penjualan secara online yaitu iPANGANANDOTCOM

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta –Gula kini menjadi komoditas yang langka di pasaran. Bahkan jika ada, harganya pun jauh lebih tinggi dari Harga Eceran Tertinggi (HET) yang pemerintah tetapkan sebesar Rp 12.500/kg.

Guna membantu kebutuhan pangan pokok, selain beras Perum Bulog melalui iPANGANANDOTCOM  menyediakan beberapa kebutuhan pangan lainnya termasuk gula. Selain dapat dibeli melalui iPANGANANDOTCOM, Gula Manis Kita (merek gula Bulog), dapat dibeli melalui saluran online lainnya di BULOG official store https://bit.ly/pangankita_official.

“Khusus untuk masyarakat yang tinggal di Jakarta yang merupakan daerah epicentrum penyebaran COVID-19, Gula Manis Kita juga dapat dibeli secara offline melalui Rumah Pangan Kita GATSU di Jalan Gatot Subroto Kav.59 Jakarta Selatan,” kata Direktur Utama Perum bulog, Budi Waseso usai Rapat Direksi Perum BULOG di Jakarta, Senin (30/03)

Khusus komoditi pangan utama yaitu beras sendiri, Budi Waseso mengungkapkan, BULOG memiliki stok yang tersimpan di gudang-gudang seluruh Indonesia. Total stok mencapai 1,4 juta ton dari total kapasitas gudang yang tersedia sebesar 3,8 juta ton.

“Ketersediaan stok beras akan terus bertambah mengingat akan memasuki musim panen raya sehingga pasokan beras betul-betul aman tersedia bagi kebutuhan masyarakat dalam situasi apapun,” ungkap Buwas sapaan akrab mantan Kepala BNN itu.

BULOG sendiri memastikan seluruh jaringan yang bekerjasama dengan Perum BULOG sudah menyediakan kebutuhan beras di tingkat lokal baik secara online maupun offline. Selain itu, juga outlet-outlet milik Perum BULOG seperti RPK (Rumah Pangan Kita) yang tersebar di seluruh Indonesia, serta jaringan retail modern yang ada.

Guna tetap menjaga social distancing dan physical distancing, BULOG sendiri sudah memiliki sistem penjualan secara online yaitu iPANGANANDOTCOM yang akan memberikan kemudahan dalam pembelian kebutuhan pangan yang dibutuhkan masyarakat.

Pangan yang dibeli melalui iPANGANANDOTCOM akan diantar langsung ke rumah pembeli sehingga akan mempermudah dan memastikan pendsitrubusian komoditi pangan langsung diterima oleh masyarakat tanpa perlu antri ke pasar. Saat ini iPANGANANDOTCOM sudah bisa digunakan masyarakat di tujuh kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Jogja, Makassar dan Medan melalui aplikasi Shopee (https://shopee.co.id/ipanganandotcom).

Budi Waseso menegaskan, pemerintah melalui Perum BULOG memastikan mampu mengatasi kebutuhan lonjakan pangan yang tak terduga. BULOG telah mewaspadai lonjakan tersebut, baik menjelang Ramadhan dan Idul Fitri maupun kondisi tak terduga lainnya, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terkait akan kebutuhan pangan.

Pihaknya sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran untuk menyiapkan stok beras dan kebutuhan pangan lainnya yang menjadi tanggung jawab BULOG untuk bisa selalu tersedia di masyarakat.

“Masyarakat tidak perlu khawatir,  BULOG menjamin kebutuhan beras dan pangan lainnya tersedia di masyarakat walau ada lonjakan permintaan yang tiba-tiba. BULOG akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersedian pangan tersebut,” kata Budi Waseso menanggapi kebutuhan pangan saat ini.

  

Reporter : Julian
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018