Tuesday, 07 July 2020


Dua HKTI yang Terpecah 10 Tahun, Kini Bersatu

28 May 2020, 06:00 WIBEditor : Ahmad Soim

Dua Ketua Umum HKTI bertemu bersepakat untuk bersatu | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta – Sepuluh tahun, dua organisasi tani ini terpecah, kini bersatu kembali. “Ketua Umum dua HKTI telah bertemu (27/5) untuk sepakat mengakhiri dualisme HKTI. Proses penyatuan ini adalah amanat Munas HKTI,” kata Sekjen HKTI berlogo caping Sadar Subagyo kepada Sinar Tani (28/5).

Kisah organisasi di Indonesia kebanyakan adalah kisah perpecahan. “Ini merupakan sejarah, organisasi tani yang terpecah kembali bersatu padu untuk berjuang membela kepentingan petani dan memperjuangkan kemakmuran petani,” tambahnya.

Sadar berharap penyatuan dua HKTI ini  dapat menjadi tonggak kebangkitan Petani Indonesia.

Dalam status media sosial pribadinya, Fadli Zon menuliskan  Rabu Sore kemarin telah  berdiskusi dan dialog dengan Pak Moeldoko tentang reunifikasi HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) yang 10 tahun ini terpisah.

Reunifikasi lanjut Fadli Zon adalah proses penyatuan kembali. Untuk proses penyatuan kembali, dikatakan Fadli, akan dibentuk tim kerja. "Segera dibentuk tim kerja untuk penyatuan dua organisasi petani HKTI." Kata Fadli Zon Ketua Umum HKTI berlogo caping.

Sebagai Ketua Umum HKTI berlogo bunga saat ini adalah Moeldoko. Penyatuan dua HKTI ini juga dilakukan dengan menyatukan logo kedua HKTI ini menjadi satu kesatuan.

Fadli berharap, dengan proses reunifikasi ini akan membawa HKTI lebih baik lagi dalam memberikan fasilitas dan kesejahteraan bagi para petani dan masyarakat Indonesia. "Mudah-mudahan ini menjadi langkah memajukan dan  memperkuat kehidupan petani Indonesia," harap Fadli.

Proses terjadinya dualisme bermula saat kepengurusan HKTI di bawah  Prabowo Subianto dan HKTI lainnya dipimpin Oesman Sapta Odang. Proses dualisme ini sampai ke Mahkamah Agung (MA). Keputusan kasasi Mahkamah Agung (MA) menyatakan Prabowo resmi sebagai Ketua Umum HKTI periode 2010-2015. Tapi, Oesman tetap mengklaim diri sebagai pimpinan HKTI.

Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018