Monday, 21 September 2020


Pasca Hari Raya Harga Komoditi Pertanian Masih Tinggi

29 May 2020, 23:33 WIBEditor : Clara

harag beberapa komoditas masih mahal | Sumber Foto:Cla

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Hari Raya Idul Fitri memang sudah berlalu seminggu yang lalu, tetapi harga pangan di pasar belum sepenuhnya turun. Bahkan masih mengalami kenaikan. Hal ini tentu menjadi keluhan masyarakat, khususnya di Jakarta.

Ati Slamet yang setiap hari berbelanja di pasar untuk berdagang kudapan pagi (nasi uduk, nasi kuning dan lontong sayur) mengeluhkan harga komoditi pertanian masih melinjak tajam. “Ini bawang merah saja di pasar harganya masih mahal, yakni Rp 45 ribu per kg. Kalau bawang putih yang agaka menurun, sebelum Lebaran harganya Rp 50 ribu per kg, sekarang sudah Rp 35 ribu per kg,” ungkapnya.

Menurut Ati harga-harga di pasar masih banyak tinggi, ditambah stoknya pun tidak banyak. Seperti daging ayam, pada saat Ramadhan harganya sangat murah, yakni hanya Rp 30 ribu per ekor, menjelang Idul Fitri menjadi Rp 45-50 ribu per ekor dan saat ini harganya masih Rp 50 ribu per ekor.

“Daging sapi juga. Biasanya Rp 115 ribu per kg, lalu pas Ramadhan naik jadi Rp 120 per kg, menjelang Lebaran naik lagi jadi Rp 130 ribu per kg. H -1 Lebaran naik jadi Rp 140 ribu per kg. Sekarang harganya masih mahal, masih berkisar Rp 130 ribu per kg,” jelasnya.

Yang paling memprihatinkan adalah santan kelapa. Biasanya untuk 1 liter santan kelapa Rp 8 ribu saja. Lalu menjelang Idul Fitri melonjak hingga Rp 30 ribu per liter dan saat ini harganya masih tinggi karena stoknya tidak banyak. “Masih mahal soalnya dari 3 warung penjual santan hanya 1 saja yang buka. Kata penjualnya stoknya tidak banyak,” ungkap Ati.

Bagaimana dengan harga si pedas? Menurut Ati, harga cabai sudah menurun seperti sebelum menjelang hari raya. Sebelum hari raya, untuk cabai keriting merah harganya Rp 20 ribu per kg, sedangkan rawit merah Rp 30 ribu per kg. Dan kedua komoditi ini mengalami kenaikan pada saat menjelang hari raya, yakni menjadi Rp 50 ribu per kg. “Kalau sekarang harga cabai sudah normal lagi. Jadi saya sih tidak khawatir dengan harga cabai,” ujarnya.

Begitujuga telur ayam, harganya sudah turun kembali. Pada saat Ramadhan harganya Rp 25 ribu per kg dan menjelang hari raya menembus hingga Rp 30 ribu per kg, tetapi saat ini sudah normal kembali, yakni Rp 20-22 ribu per kg.

Reporter : Agustin
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018