Selasa, 16 April 2024


Demi Kedaulatan Negeri, Hj Endang Setyawati Gugah Wawasan dan Aspirasi Masyarakat Kota Bogor

20 Jun 2020, 18:20 WIBEditor : Gesha

Anggota DPR RI Komisi IV Daerah Pemilihan Jawa Barat III, Hj. Endang Setyawati bersama masyarakat | Sumber Foto:YPS

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Demi menggugah wawasan 4 Pilar MPR RI dan mendengarkan aspirasi dari masyarakat langsung,  Anggota DPR RI Komisi IV Daerah Pemilihan Jawa Barat III meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur dari Fraksi Partai Gerindra DR. Ir. Hj. Endang Setyawati Thohari, DESS., M.Sc., turun langsung untuk Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Kota Bogor, Sabtu (20/06).

Puluhan warga masyarakat dari seluruh Kota Bogor terlihat di Rumah Aspirasi "Berjuang" Kota Bogor Timur, meskipun begitu protokol kesehatan tetap diperhatikan begitu memasuki Rumah Aspirasi.

Siang itu, Anggota DPR RI Komisi IV Daerah Pemilihan Jawa Barat III meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur dari Fraksi Partai Gerindra DR. Ir. Hj. Endang Setyawati Thohari, DESS., M.Sc., turun lansung untuk Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Kota Bogor.

Hj Endang menyampaikan paparan tentang Empat pilar MPR RI yang terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.



Hj. Endang secara simultan mengupas Empat Pilar Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) adalah empat landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang terdiri dari landasan ideologi, konstitusi, persatuan dan kesatuan, termasuk semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan Bangsa Indonesia.

Sosialisasi ini dilakukan Hj. Endang sebagai upaya untuk memperbaiki citra pemerintahan yang masih kurang, mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi sampai Pusat. "Salah satunya dengan bersinergi bersama masyarakat untuk terus mensosialisasikan pentingnya empat pilar MPR RI untuk mewujudkan visi MPR yaitu Rumah kebangsaan, pengawal ideologi pancasila dan kedaulatan rakyat," bebernya

Dengan melaksanakan visi tersebut, MPR memiliki mandat konstitusional untuk menjembatani berbagai arus perubahan, pemikiran, serta aspirasi masyarakat dan daerah.

Tak hanya itu MPR sebagai lembaga Negara pembentuk konstitusi, yang akan mengawal ideologi Pancasila sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD NKRI Tahun 1945.

Demi Kedaulatan Negeri

Pada kesempatan itu, Hj. Endang yang juga sebagai Dewan Pakar Partai Gerindra meminta aspirasi serta pandangan dari warga masyarakat yang hadir. Gagasan-gagasan tersebut akan menjadi masukan atau aspirasi bagi dirinya di gedung parlemen.

Pola komunikasi yang dilakukan Hj Endang pun menarik perhatian warga sehingga tidak sungkan bertanya seraya menyampaikan aspirasinya, terutama menyangkut program kedaulatan pangan, kedaulatan energi dan kedaulatan air.

"Masyarakat harus sadar kalau kedaulatan pangan itu artinya pangan sendiri bukan dari impor. Masyarakat juga harus tahu kalau pangan lokal lebih bagus gizinya dibandingkan impor," beber Hj. Endang.

Karena itu, Hj. Endang meminta agar masyarakat mulai mengolah bahan pangan lokal yang kaya akan gizi untuk balita, ibu hamil dan lansia.

Hj Endang menegaskan kedaulatan pangan sangat vital dalam kehidupan bernegara. Seperti apa yang dikatakan Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto dalam setiap kesempatan "Kita harus berdaulat dalam pangan agar negara kita kuat,".

Reporter : YPS/Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018