Thursday, 02 July 2020


Hingga Akhir Tahun, Bulog Siapkan Bansos Beras sebanyak 900 Ribu Ton

23 Jun 2020, 09:59 WIBEditor : Yulianto

Dirut Perum Bulog, Budi Waseso saat melepas bansos beras untuk masyarakat terdampak Covid-19 | Sumber Foto:Humas Bulog

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta—Perum Bulog akan menyiapkan tambahan stok beras untuk bantuan sosial (bansos) Covid-19 sebanyak 450 ribu ton. Sebelumnya perusahaan pelat merah berlambang matahari itu sudah menyalurkan sebesar 450 ribu ton. Dengan demikian sampai akhir tahun akan ada 900 ribu ton untuk bansos beras untuk masyarakat terdampak Covid-19.

“Sampai bulan depan kita telahmenyalurkan 450 ribu ton. Kemungkinan klita akan dapat tugas lagi menyalurkan 450 ribu. Artinya hingga akhir tahun sebanyak 900 ribu ton untuk penyaluran Bansos Covid-19,” kata Direktur Utama, Perum Bulog, Budi Waseso  saat jumpa pers dengan wartawan di Jakarta, Selasa (22/6).

Guna menjamin kualitas beras bantuan sosial itu, Buwas panggilan akrab mantan Kepala BNN ini, dirinya sudah melakukan pengecekan di seluruh Indonesia. Bahkan seluruh jajaran Bulog di daerah untuk mempersiapkan beras bansos dengan sebaik-baiknya. Bahkan melaporkan contoh beras yang sudah dikirim ke penerima bantuan.

“Hasil uji petik tidak ada masyarakat yang mengatakan beras Bulog tidak baik. Semua bilang baik. Jika memang ada yang jelas dan harus dimusnahkan, kita tidak segan untuk memusnahkan,”  tegasnya.

Sebelumnya Perum Bulog telah kembali menyampaikan proses penyaluran bansos beras Presiden tahap II kepada 1,85 juta warga yang terkena dampak wabah Covid-19 di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada 15 Juni 2020.

Sedangkan penyaluran program bansos beras Presiden tahap pertama berlangsung pada Mei lalu dengan kualitas beras premium yang ditujukan kepada 1,4 juta warga. Total penugasan penyaluran bansos beras Presiden yang diselesaikan BULOG sebanyak 3,25 juta warga Jabodetabek. Penyaluran Bansos Presiden tersebut dilakukan melalui Kementerian Sosial bersama BULOG.

Buwas mengatakan, pihaknya juga membentuk tim monitoring dan evaluasi (Monev) yang bertugas memastikan agar proses penyaluran Bansos Beras Presiden kepada keluarga penerima manfaat (KPM) sebanyak 25 kg/keluarga berjalan lancar dan tepat waktu. Bahkan sesuai standar kualitas beras premium yang diamanatkan kepada Perum BULOG.

 

Reporter : Julian
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018