Thursday, 01 October 2020


Buwas Jamin Tahun ini Tidak Ada Impor Beras

23 Jun 2020, 10:21 WIBEditor : Yulianto

Stok beras Bulog hingga kini capai 1,4 juta ton | Sumber Foto:Dok. Sinta

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta--- Perum Bulog akan memaksimalkan penyerapan produksi gabah/beras dalam negeri. Bahkan Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso menjamin hingga akhir tahun ini, pihaknya tidak akan ada impor beras.

“Kita sampaikan akan melakukan penyerapan beras/gabah secara maksimal. Hingga kini penyerapan gabah/beras terus berlangsung,” kata Buwas, sapaan akrab mantan Kepala BNN itu saat jumpa pers di Jakarta, Selasa 923/6).

Buwas mengatakan. hingga kini cadangan beras Bulog mencapai 1,4 juta ton. Dengan jumlah itu cukup untuk melakukan kegiatan bantuan sosial (bansos) yang ditugaskan kepada Perum Bulog sampai Desember mendatang.

“Beras kita cukup untuk penyaluran sampai Desember. Kalau nanti Oktober, Nopember, September masih ada panen kembali kita akan terus serap gabah lagi dengan maksimal,” katanya.

Contohnya saat panen di NTB, Perum Bulog menyerap cukup banyak. Kemudian jika berlebih, Buwas mengatakan, pihaknya akan mendistribusikan ke daerah atau wilayah yang kurang. Salah satunya ke NTT.

Dalam pemenuhan stok beras Bulog, Buwas kembali menegaskan, pihaknya akan mengutamakan produksi dalam negeri. Apalagi berdasarkan asumsi Kementerian Pertanian dan BPS produksi dalam negeri cukup besar.

“Kalau terpaksa baru kita pikirkan untuk impor. Itu pun (impor, red) kita sesuaikan dengan kebutuhan dalam negeri. Tapi hitungan kita untuk bantuan sosial yang diberikan kepada kita sampai Desember, stok kita cukup dan tidak perlu impor,” tuturnya. Bahkan untuk tahun 2021, Bulog juga tetap mengoptimalkan penyarapan pada awal panen raya Maret-April.

Reporter : Julian
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018