Sunday, 28 February 2021


Selamat Jalan Sjarifuddin Baharsjah

15 Jan 2021, 15:17 WIBEditor : Gesha

Menteri Pertanian era 1993-1998,Alm. Prof. Dr. Ir. Sjarifuddin Baharsjah M.Sc | Sumber Foto:Tabloid Sinar Tani

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Kabar Duka menghampiri sektor pertanian di Jumat (15/1), seorang Bapak Bangsa yang merupakan Menteri Pertanian 1993-1998, Prof. Dr. Ir. Sjarifuddin Baharsjah, M.Sc meninggal dunia.

"Turut Berduka Cita Sedalam-dalamnya atas Wafatnya Prof. Dr. Ir. Sjarifuddin Baharsjah M.Sc. pada Jumat (15/1) pukul 00.12 WIB, di RS Pondok Indah, Jakarta Selatan," begitu ucapan duka yang diterima tabloidsinartani.com, Jumat (15/1) pagi hari.

Tak lama berselang,  Kementerian Pertanian  (Kementan) mengucapkan duka cita atas meninggalnya Sjarifuddin Baharsjah. Kementan menyampaikan terima kasih jasa yang diberikan almarhum bagi pertanian Indonesia.

"Segenap Keluarga Besar @kementan Turut Berduka cita yang mendalam atas wafatnya Bapak Sjarifuddin Baharsjah, Menteri Pertanian Indonesia Periode 1993-1998. Terima kasih atas segala jasa yang telah diberikan bagi pertanian Indonesia," tulis Kementan dalam akun resmi Twitternya, Jumat (15/1).

Suasana haru tampak di rumah duka Alm. Prof. Dr. Ir. Sjarifuddin Baharsjah M.Sc di Jakarta Selatan. Dengan protokol kesehatan, para pelayat datang menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga yang ditinggalkan. Khususnya kepada istri Alm, yaitu Prof. Dr. Hj. Justika Baharsjah yang selalu setia mendampingi hingga akhir hayatnya.

"Alm Sjarifuddin Baharsjah meninggal dengan tenang, semalam setelah makan bersama, shalat dan mengaji bersama istri, sebelum tidur. Terasa berat kakinya dan dibopong bersama, dan ternyata meninggal di pelukan sang istri. Cinta ketika mahasiswa berlanjut sampai tarikan nafas terakhir, setelah beribadah bersama," ungkap salah satu perwakilan keluarga Almarhum, kepada tabloidsinartani.com.

Almarhum Prof. Dr. Ir. Sjarifuddin Baharsjah M.Sc langsung dimakamkan di Pemakaman San Diego Hill, Karawang, Jawa Barat, Jumat (15/1). "Mohon Saudara, para sahabat dan kenalan, memaafkan kesalahan dan kehilafan Prof. Dr. Ir. Sjarifuddin Baharsjah M.Sc. Tidak lupa, atas nama keluarga kami sampaikan terima kasih atas segala doa, perhatian dan cinta kasih untuk Prof. Dr. Ir. Sjarifuddin Baharsjah M.Sc. Semoga Allah yang Maha Kuasa membalas dengan kebaikan. Aamiin Ya Rabbal Alamiin," tulis perwakilan keluarga dari setiap ucapan belasungkawa yang masuk. 

Selama hidupnya, Prof. Dr. Ir. Sjarifuddin Baharsjah M.Sc merupakan tokoh pertanian Indonesia dan akademisi dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Beliau juga pernah menjabat Ketua Independen Food and Agriculture Organisation (FAO). 

Karena dedikasi di sektor pertanian, Sjarifuddin Baharsjah menerima penghargaan bergengsi Dioscoro L. Umali Achievement Award atau disebut juga Umali Award dalam bidang pertanian dari SEARCA (Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture).

Dirinya  terpilih di antara sekian banyak kandidat, tokoh dan ilmuwan pertanian di Asia Tenggara, dan merupakan orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan tersebut.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018