Saturday, 06 March 2021


Anggaran Perubahan Kementan Bakal Ditambah

17 Feb 2021, 18:44 WIBEditor : Ahmad Soim

Usaha tani sayuran menjadi penyangga saat pandemi Covid-19 tak kunjung reda | Sumber Foto:Dok. Humas Ditjen Horti

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta - Komisi IV DPR RI  akan memperjuangkan penambahan anggatan Kementerian Pertanian (Kementan) melalui pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara untuk Perubahan (APBN-P). Sebelumnya, anggaran Kementan dipangkas hingga Rp 6,33 triliun.

"Kalau APBN-P dilaksanakan saya akan perjuangakan agar ada penambahan. Atau paling tidak dikembalikan pada angka semula," ujar Charles Meikyansyah Anggota Komisi IV DPR dari Fraksi Nasem dalam diskusi INDEF berjudul Daya Tahan Sektor Pertanian : Realita atau Fatamorgan, Rabu, 17 Februari 2021.

Charles mengaku kecewa, sekaligus menyayangkan pemangkasan anggaran yang dilakukan. Apalagi, sektor pertanian merupakan sektor penting dalam menjaga daya tahan ekonomi sebagai realita dan kenyataan saat ini.

"Kalau kita lihat judul diskusi hari ini. Saya pikir sektor pertanian sebagai penyelamat ekonomi adalah realita, bukan fatamorgana. Karena itu sekali lagi saya menyesalkan pemotongan anggran yang dilakukan," katanya.

Namun disisi lain, Charles menilai langkah cepat yang dilakukan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo sangat tepat, utamanya dalam serapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian. Menurutnya, kebijakan itu adalah solusi kongkrit, di tengah pangkasan anggaran yang dilakukan.

"Kami apresiasi langkah Pak Menteri dengan dikeluarkanya KUR. Saya lihat ini sudah dijalankan dengan baik dan harus kita apresiasi," katanya.

Disisi lain, sektor pertanian juga sangat berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja. Apalagi disaat pandemi sepeeri saat ini jumlah pengangguran terua mengalami pertumbuhan.

"Sektor pertanian mampu menyerap tenaga kerja 29,7 persen dari total penduduk Indonesia. Karena itu sektor pertanian menjadi tumpuan dan bantalan bagi perbaikan ekonomi kita ke depan," tutupnya.

Reporter : Som
Sumber : Kontributor
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018