Tuesday, 03 August 2021


Empat Pesan Mentan SYL untuk Pembangunan Pertanian

22 Jul 2021, 07:03 WIBEditor : Gesha

Pesan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Manokwari ---Setelah mengikuti kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (21/7), Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari, Purwanta mengaris bawahi 4 pesan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo 

Pesan tersebut antara lain pertanian adalah program bukan proyek yang habis kegiatan selesai.  Pertanian merupakan program yang harus beorientasi kesejahteraan petani berlandaskan pertanian yang maju, mandiri dan modern.

Kedua, dibutuhkan kerja kolaborasi atau bersama-sama dengan menghilangkan ego sektoral.  Hal ini terbukti dengan keterlibatan Bappenas, Kemendagri, dan Kementrian PUPR yang turut memberi materi terkait pembangunan pertanian Indonesia, khusunya arah pembangunan pertanian Tahun 2021. 

Ketiga, Menteri SYL mengajak seluruh peserta yang hadir baik secara langsung maupun virtual untuk melaksanakan program anggaran dengan efisien dan efektif serta terukur hasinya.

Dan terakhir, untuk menjaga kepercayaan rakyat dalam rangka pembangunan pertanian. “Meski ditengah pandemi, memastikan ketersediaan pangan bagi 273 juta penduduk Indonesia adalah pekerjaaan mulia.  Jangan berharap keuntungan dari apa yang kita kerjakan saat ini.  Karena kita semua tengah menabung untuk akhirat,” pesan SYL.

Tercatat lebih dari 900 peserta dari seluruh Indonesia terlibat dalam kegiatan ini secara virtual.  Uraian positif pun terlontar oleh Staff khusus Menteri Pertanian Bidang Komunikasi Pembangunan Pertanian, Yesiah Ery Tamalagi.

“Meski beberapa politisi mempertanyakan kinerja kementerian pertanian terkait data yang dirilis BPS, namun Menteri SYL terus menyemangati dan mengingatkan jika Kementerian Pertanian bertanggung jawab atas ketersediaan pangan bagi 273 juta penduduk Indonesia, " tuturnya. 

Eri menambahkan, sektor pertanian “start with the ending”, apa yang direncanakan sudah harus diketahui hasil akhir seperti apa.  Eri pun mengutip kata-kata Menteri SYL yang dengan tegas menyebutkan, “wrong planing is mine planing wrong.” (Nsd)

Reporter : Nsd
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018