Thursday, 23 September 2021


Sinar Tani Raih Penghargaan dari Perpustakaan Nasional

13 Sep 2021, 16:40 WIBEditor : Yulianto

Penghargaan dari Perpustakaan Nasional kepada Tabloid Sinar Tani | Sumber Foto:Haryanto

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Alhamdulillah... Kalimat tersebut meluncur saat mendengar Tabloid Sinar Tani mendapat penghargaan dari Perpusatakaan Nasional. Di tengah tantangan media massa yang kian besar di era digital ini, tabloid yang baru saja berulang tahun ke-51 menjadi media yang konsisten dalam Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam.

Sinar Tani dinobatkan sebagai salah satu tabloid yang menerima Piagam Penghargaan atas keaktifannya dalam melaksanakan UU No. 13 tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam, khususnya dalam Kategori Jenis Koleksi Tabloid. Penghargaan ini sebelumnya pernah diterima Tabloid Sinar Tani tahun 2006.

Pemberian penghargaan dilakukan Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI, Woro Titi Haryanti kepada Manajer Pengembangan Bisnis, Haryanto, S.Sos. Woro mengatakan, peran serta masyarakat dalam pelaksanaan serah simpan Karya Cetak dan Karya Rekam bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dalam pelestarian hasil budaya bangsa berupa Karya Cetak dan Karya Rekam.

Selain itu, membangun kemandirian dan keberdayaan masyarakat dalam pelaksanaan serah simpanKarya Cetak dan Karya Rekam dan menumbuhkembangkan budayaliterasi masyarakat.

"Penyerahan karya ini dilaksanakan untuk kepentingan pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, penelitian dan penyebaran informasi, serta pelestarian hasil budaya bangsa," tutur Woro.

Pemerintah telah menerbitkan Undang-Undang No. 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam. Mendindaklanjuti UU tersebut, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menetapkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2021 yang terbit pada 8 Maret 2021.

Peraturan ini mengatur mengenai pelaksanaan penyerahan Karya Cetak dan Karya Rekam, pengelolaan hasil serah simpan Karya Cetak dan Karya Rekam, peran serta masyarakat, pemberian penghargaan, dan tata cara pengenaan sanksi administratif.

Sebagai bentuk pelaksanaan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2018 dan Peraturan Pemerintah, Perpustakaan Nasional mengelar Anugerah Pelaksana Serah Simpan Karya Cetak dan Karya rekam Perpustakaan Nasional Tahun 2021. Kegiatan itu merupakan rangkaian Pekan Penghargaan Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam Hasil. 

Untuk pelaksanaan penyerahan karya cetak dan karya rekam, setiap penerbit wajib menyerahkan dua eksemplar dari setiap judul Karya Cetak kepada Perpustakaan Nasional dan satu eksemplar kepada Perpustakaan Provinsi tempat domisili Penerbit. 

Sedangkan produsen Karya Rekam wajib menyerahkan satu salinan rekaman dari setiap judul Karya Rekam yang berisi nilai sejarah, budaya, pendidikan, dan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada Perpustakaan Nasional. Selain itu, satu salinan kepada Perpustakaan Provinsi tempat domisili Produsen Karya Rekam.

Karya Cetak dan Karya Rekam yang telah diserahkan kepada Perpustakaan Nasional dan Perpustakaan Provinsi menjadi barang milik negara atau barang milik daerah. Penyerahan Karya Cetak dan Karya Rekam kepada Perpustakaan Nasional dapat dilakukan melalui penyerahan langsung atau pengiriman. Sedangkan penyerahan Karya Rekam Digital kepada Perpustakaan Nasional dan Perpustakaan Provinsi hanya dapat dilakukan melalui penyerahan langsung.

Perpustakaan Nasional mengoordinasikan pengumpulan Karya Cetak dan Karya Rekam yang dihasilkan lembaga negara dan lembaga daerah. Perpustakaan Nasional dalam melaksanakan koordinasi mendorong perpustakaan khusus, perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan organisasi perangkat daerah, dan perpustakaan dewan perwakilan rakyat daerah untuk menghimpun, menyimpan, melestarikan, dan mendayagunakan Karya Cetak dan Karya Rekam yang dihasilkan untuk membangun repositori institusi.

Reporter : Haryanto
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018