Sunday, 24 October 2021


Hari Kunjung Perpustakaan, PPMKP Boyong Dua Penghargaan

16 Sep 2021, 08:06 WIBEditor : Yulianto

PPMKP raih dua penghargaan pada Hari Perpustakaan Nasional | Sumber Foto:Regi

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor---Perpustakaan Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi, Bogor memboyong dua penghargaan pada Hari Kunjungan Perpustakaan (HKP) Kementerian Pertanian. Selain penghargaan juara I Perpustakaan Terbaik, salah seorang Pustakawan PPMKP yaitu  Dessy Rachmaniar menjadi Pustakawan Inspiratif Kementan tahun 2021.

Memperingati Hari Kunjung Perpustakaan(HKP) Kementerian Pertanian menģgelar beragam lomba.  Pemenang diumumkan dalam Puncak peringatan HKP yang dibuka langsung  Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Kementan, Abdul Basit di Bogor, Selasa (14/9).

Menanggapi prestasi ini Kepala PPMKP Yusral Tahir menuturkan, Perpustakaan PPMKP sudah memiliki sistim digitalisasi dan berbagai aplikasi. Di tengah pandemi Covid 19 saat ini digitalisasi perpustakaan merupakan fasilitas yang sangat diperlukan. Layanan perpustakaan seperti layanan penelusuran dan layanan sirkulasi tersedia online dan offline,“ ujarnya setelah menerima penghargaan.

Yusral menegaskan, sebagai Pusat Pelatihan, keberadaan perpustakaan sangatlah diperlukan sebagai wahana bagi peserta latihan dalam melengkapi pengetahuan yang telah diberikan Widyaiswara atau narasumber. Untuk itu fasilitas ruangan tidak boleh diabaikan, termasuk juga dengan promosi.

Fasilitasi sarana dan prasarana lanjut Yusral, juga sangat diperlukan termasuk suasana dan ketenangan tempat membaca. Salah satu contohnya dengan adanya fasilitas membaca outdoor dengan suasana alami, tempat baca lesehan, layanan khusus anak, pojok baca. Tak kalah penting adalah promosi melalui media social maupun media elektronik seperti  radio (RPC), ucapnya.

Perasaan senang dan bangga hinggap dihati Dessy Rachmaniar atas torehan prestasi Perpustakaan PPMKP yang dikelola bersama dua pustakawan lain Sri  Supranti dan Tuti Susana.

“Hal ini berkat dukungan manajemen PPMKP, yang sangat aspiratif dalam menerima ide dan masukan dari para pustakawan dalam meningkatkan layanan bagi pemustaka, ungkapnya.

Dalam hal tugasnya sebagai pustakawan, Dessy mengaku senang dapat  membantu orang lain dalam mendapatkan informasi atau pengetahuan. Gelar pustakawan inspiratif yang diraihnya meningkatkan motivasi dan semangatnya dalam berusaha mengelola perpustakaan sehingga dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Mengenai perpustakaan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengajak masyarakat memanfaatkan perpustakaan sebesar – besarnya untuk menambah wawasan dan  meningkatkan khazanah keilmuan pertanian. “Silakan manfaatkan sebesar-besarnya. Jadikan ruang literasi  ini untuk menambah wawasan, meningkatkan khazanah keilmuan pertanian,” ucapnya.

SYL berharap ke depan, perpustakaan Kementan bisa terkoneksi dengan dunia internasional. “Mudah-mudahan selain dengan perpusnas (perpustakaan nasional) bisa juga (tersambung) ke (perpustakaan) Leiden (University/Belanda,red),” kata SYL.

Sementara, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi menyatakan, perpustakaan menjadi salah satu sumber literasi untuk mencapai sumberdaya manusia yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan kompetensi, serta mandiri dan berdaya saing.

“Seluruh SDM Pertanian harus mengetahui apa itu literasi, karena literasi adalah kunci dari sebuah keberhasilan,” katanya.

Seperti diketahui, HKP diperingati setiap 14 September sejak  ditetapkan Presiden Soeharto pada tahun 1995.  Perayaan hari HKP ini bertepatan dengan Bulan gemar membaca. Dua perayaan ini memiliki tujuan yang sama yaitu pembiasaan berkunjung ke perpustakaan dan kegiatan membaca.

Reporter : Regi (PPMKP)
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018