Sunday, 24 October 2021


Kapusdik Kementan: ASN Milenial Hilangkan Ego Sektoral

13 Oct 2021, 11:56 WIBEditor : Yulianto

Gedung Kementerian Pertanian | Sumber Foto:Dok. Sinta

TABLOIDSINARTANI.COM, Bandung—Aparat Sipil Negara (ASN) milenial kini menjadi penerus estafet pembangunan pertanian. Untuk itu, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian BBPSDMP Kementerian Pertanian, Idha Widi Arsanti berpesan agar mereka menghilangkan ego sektoral yang kini banyak terjadi dan sulit menghindarinya.

“Kadang kita hanya ingin cepat menyelesaikan tugas, hanya ingin bahwa apa yang sudah tertulis dan direncanakan itu sesegera mungkin diselesaikan, tapi kita tidak berorientasi hasil,” katanya saat kegiatan Protani di Bandung, Selasa (12/10).

Selama ini menurut Idha, kita kurang memahami bahwa hasil yang efektif dan efisien harus dilakukan dengan teamwork, kemudian juga harus dilakukan bersama-sama dengan berbagai perspektif keilmuan atau berbagai sektoral.

Untuk itu, Idha berharap ASN milenial ini terus bersinergi dan kolaboratif. “Saya berharap ASN milenial bisa memahami bahwa ego sektoral harus dihilangkan untuk mendapat hasil yang lebih baik,” tegasnya.

Untuk mencapai hasil yang efektif dan efisien, Idha mengatakan, orientasi ASN adalah pelayanan yang terintegritas. Salah satunya terus mendorong untuk kegiatan berorientasi pada manfaat dan hasil dengan melihat lingkungan strategis.

“Sangat menarik kita pikirkan bagaimana ASN harus berjiwa enterpreneurship, bukan harus menjadi, tapi harus berjiwa. Dengan berjiwa enterpreneurship, ASN bisa melayani stakeholder,” katanya.  Jadi lanjut Idha, jiwa kewirausahaan atau enterpreneurship itu bukan berarti menjadi pengusaha, tapi mempunyai jiwa enterpreneurship untuk memberikan pelayanan prima.

“Kita juga mempunyai komitmen, disiplin, fokus semangat, loyal, punya integritas kemudian juga harus bersinergi, hard working dan inovatif sehingga harapannya ketika memang ASN dipupuk dengan memiliki karakter karakter tersebut,” tutur alumni IPB Angkatan 28 ini.

Menurut Idha, dengan nilai dasar AKHLAK (Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) sangat penting dan harus dipahami dan diterapkan bagi semua ASN, karena sudah intisari. Dengan menerapkannya, sudah komplit semua, apalagi kemudian ada sinergi ada tim dan sebagainya.

Reporter : Echa
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018