Monday, 06 December 2021


74 Komda Dikukuhkan, Mentan Inginkan JPN Bela Rakyat dan Petani Kecil

21 Oct 2021, 22:17 WIBEditor : Gesha

Pengukuhan 74 Komda JPN | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Tangerang -- Jaringan Pertanian Nasional (JPN) kembali menambah 74 komisariat daerah (Komda) dari 24 Provinsi. Total selama 3 bulan terakhir, sudah ada 650 Komda JPN dari seluruh Indonesia. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menginginkan JPN ini membela rakyat dan petani kecil.

"Jumlah pengurus JPN sebanyak 12-15 ribu orang karena setiap komda jumlah pengurusnya bisa mencapai 200 orang. Ditargetkan ada 600 Komda lainnya yang akan menyusul hingga akhir Desember 2021 mendatang, " ungkap Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional JPN, Prof. Dr. Ir. Imam Mujahidin Fahmid, M.TDev.,M.H, dalam pengukuhan 74 Komda JPN, Kamis (21/10).

Adapun Komda yang berkesempatan dikukuhkan oleh Dewan Penasehat Jaringan Pertanian Nasional (JPN), Syahrul Yasin Limpo berasal dari Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Jambi, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua dan Papua Barat.

Prof. Iman kembali menegaskan, kehadiran JPN semata-mata atas pemikiran bersama untuk membangun Pertanian disela-sela keterbatasan pemerintah untuk mengakselerasi pembangunan di seluruh Indonesia.

Dirinya menyebutkan, atas gagasan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dibentuklah jaringan baru menjadi center of planning untuk saling tukar pengalaman antar komunitas pertanian.

"Disini terjadi proses belajar terus menerus dengan mereduksi proses mengajarinya, Develop planning and reduct teaching. Untuk mengembangkan jejaring berbasis digitalisasi (networking by digitalitation), " jelasnya.

Karenanya, JPN ini diharapkan mampu meneruskan dan berkomunikasi dengan masyarakat tani untuk penyebaran regulasi, teknologi, dan inovasi langsung dari pemerintah, atau antar masyarakat.

Menariknya, anggota JPN ini merupakan kaum milenial sehingga pemikiran dan kolaborasi bisa dilakukan secara baik.

Menteri Pertanian yang bertindak sebagai Dewan Penasehat Jaringan Pertanian Nasional (JPN) menginginkan jaringan ini bisa membela dan memperjuangkan rakyat dan petani kecil dari permasalahan klise pertanian.

"Tugas JPN yang paling utama adalah menemukan harapan dan kebutuhan masyarakat, serta memecahkan masalah yang ada. KOMDA diharapkan membuat pertanian itu naik kelas," tegasnya.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018