Kamis, 09 Februari 2023


Mentan Beri Bantuan Bibit hingga Hewan Ternak Pada Pengungsi Semeru

08 Des 2021, 16:46 WIBEditor : Yulianto

Mentan Berikan Bantuan Pada Pengungsi Semeru | Sumber Foto:Humas Kementan

TABLOIDSINARTANI.COM, Lumajang --- Erupsi Semeru yang terjadi Sabtu (4/12/2021) menyisakan banyak duka. Untuk meringankan beban pengungsi, Mentan SYL hadir memberikan bantuan kepada pengungsi yang sebagain besar adalah peternak dan petani.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengunjungi warga terdampak erupsi gunung Semeru yang pengungsi di Balai Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur Selasa, (7/12/2021). 

Di tengah para pengunsi, Mentan SYL mengajak para pengungsi yang sebagaian besar peternak dan petani untuk bangkit kembali. 

"Bencana ini merupakan bagian dari kehidupan. Oleh karena itu, harus diterima sebagai cobaan dan tantangan yang diberikan Allah Swt," kata Mentan saat menyerahkan bantuan pertanian bagi peternak terdampak erupsi Gunung Semeru. 

Peristiwa ini menurut Mentan SYL akan membuat lebih bersatu, membuat masyarakat lebih menyayangi bukan hanya antar sesama tapi juga menyayangi alam, hewan dan tumbuhan. 

Erupsi Semeru yang terjadi Menurut Mentan seyogyanya jangan disesali. Ia mengajak para peternak dan petani untuk bangkit kembali. "Dibalik bencana tentu ada hikmah yang Allah Swt titipkan dan kita harus menggali hikmah tersebut," ungkapnya. 

Mentan bersama jajarannya di Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Propinsi dan Kabupaten Lumajang akan membuat format penanganan bersama.  "Untuk hewan ternak yang berhasil diselamatkan, sementara akan diungsiakan dalam satu tempat secara berkelompok agar keamanannya terjaga. Selanjutnya dikembalikan kepada pemiliknya," imbuh Mentan. 

Selanjutnya, Mentan mengingatkan untuk mendata semua hewan ternak, baik yang mati maupun yang selamat. "Yang lebih penting, harus dijamin keamanannya di pengungsian ini," tegasnya. 

Salah satu peternak sapi, Nur Hasan yang sapinya berada di pengungsian merasa bersyukur hewan ternaknya bisa diselamatkan. "Terima kasih Pak Mentan, sapi kami sudah ada di pengungsian dan sudah mendapatkan pakan. Tiga hari kemarin kami kesulitan mendapatkan pakan," ungkapnya. 

Dalam kunjungan tersebut, mentan SYL memberikan bantuan berupa benih jagung, benih padi, bibit kopi arabika untuk luasan 847 hektar. Bantuan ternak berupa sapi dan kambing sejumlah 174 ekor, serta rumput, pakan ternak, konsentrat dan obat-obatan. Selain itu juga masyarakat terdampak mendapatkan bantuan berupa traktor roda empat, traktor roda dua dan hand sprayer.

Reporter : Herman
Sumber : Humas Tanaman Pangan
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018