Monday, 08 August 2022


Lantik Pegawai, Kepala NFA: Kami Siap Berlari Kencang

27 Jul 2022, 08:56 WIBEditor : Yulianto

Pelantikan Pegawai Bapanas | Sumber Foto:Echa

TABLOIDSINARTANI.COM, Depok--- Kepala Badan Pangan Nasional (National Food Agency/NFA) Arief Prasetyo Adi, Selasa (26/7) melanbtik dan pengambilan sumpah jabatan pejabat administrasi dan pegawai lingkup NFA, Selasa, 26 Juli 2022, di Depok, Jawa Barat.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut akan dihadiri seluruh pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama, serta seluruh pegawai NFA sejumlah 207 orang. Sebelumnya, Kamis 30 Juni 2022, mantan Dirut Food Station Tjipinang itu melantik pejabat eselon 1 dan 2 lingkup NFA. Para pejabat tersebut diangkat setelah melalui seleksi yang ketat dari tim Pansel.

Menurut Arief, saat ini NFA telah melantik satu orang pejabat Administrator dan delapan orang pejabat Pengawas, serta seluruh pegawai di lingkungan Badan Pangan Nasional berdasarkan Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara tentang Mutasi Pegawai ke Badan Pangan Nasional.

Hal ini ungkap Arief, akan melengkapi seluruh organ Badan Pangan Nasional, setelah sebelumnya dilakukan pelantikan 16 pejabat. Terdiri dari pejabat tinggi madya atau eselon I sejumlah 3 orang, dan pejabat tinggi pratama atau eselon II sebanyak 13 orang, pada 30 Juni 2022, lalu.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari amanat Perpres 66/2021 tentang Pembentukan Badan Pangan Nasional yakni, perlu dilakukan pelantikan resmi terhadap seluruh pegawai NFA selambat-lambatnya satu tahun setelah peraturan tersebut diundangkan.

Proses ini menurut Arief merupakan bagian dari transformasi kelembagaan NFA untuk segera merespon berbagai tantangan pembangunan ketahanan pangan. “Sejalan dengan arahan Bapak Presiden RI, kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi ancaman krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan. Ini bagian dari percepatan yang kita lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut,” ujarnya.

Arief mengatakan, pihaknya terus mendorong percepatan stabilitas dan ketersediaan pangan nasional. Salah satunya, melalui optimalisasi kinerja organisasi dengan pengisian pejabat dan pegawai di lingkup NFA. Pengisian organisasi tersebut melengkapi seluruh struktur NFA dan menjadi modal utama untuk percepatan pelaksanaan berbagai program stabilisasi dan ketersediaan pangan nasional,” tegasnya.

Dengan pelantikan seluruh pejabat dan karyawan tersebut, Badan Pangan Nasional siap berlari kencang dalam menyelesaikan permasalahan pangan yang ada. Namun Arief mengakui, pihaknya tidak bisa menyelesaikan permasalahan ini sendiri. Karena itu diperlukan sinergi dan kolaborasi dengan seluruh stakholder pangan.

“Tanggung jawab yang diemban jajarannya adalah memastikan stabilisasi dan ketersediaan pangan. Apalagi saat mencuatnya isu krisis pangan belakangan ini,” katanya.

Arief mengingatkan, pegawai NFA harus mempunyai cakrawala dan wawasan yang luas serta responsif dalam menyikapi berbagai hal yang terkait dengan permasalahan ketahanan pangan. Dalam kesempatan ini juga kami meluncurkan Core Value ASN BerAKHLAK, yang meliputi Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif," ujarnya.

Reporter : Echa
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018