Sabtu, 01 Oktober 2022


Itjen Kementan Launching Sistem Integrasi Jaga Pangan “Si Jam Pang”

08 Agu 2022, 17:11 WIBEditor : Herman

Itjen Kementan Launching Sistem Integrasi jaga Pangan | Sumber Foto:Eko

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta ---  Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian me- launching Sistem Informasi Terintegrasi “Si Jam Pang, Senin (8/8). Sistem informasi Si Jam Pang mengintegrasikan aplikasi-aplikasi yang ada dimasing-masing eselon 1 lingkup Kementerian Pertanian agar lebih efektif dan efisien.  

Kementerian Pertanian memiliki berbagai aplikasi dalam mendukung kinerja dilapangan. Namun, berbagai aplikasi tersebut belum terintegrasi dengan baik, dan bahkan disetiap Eselon I lingkup Kementerian Pertanian mempunyai apluikasi yang fungsi dan kegunaannya sama.  

Tentunya kondisi tersebut tidak baik karena untuk melakukan pengelolaannya (maintenance) diperlukan biaya yang tidak sedikit 

“Di lingkup Kementerian Pertanian banyak sekali aplikasi yang dibuat, dan Si Jam Pang ini buka aplikasi tapi Sistem Infromasi yang mengintegrasikan semua sistem aplikasi yang ada agar lebih efektif dan efisien,” ungkap Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Dr. Jan S Maringka. 

Implementasi Si Jam Pang  diharapkan dapat membantu auditor dan pelaksana lebih efektif dan efisien dalam melaksanakan tugasnya masing-masing dan bersinergi dalam mengelola data dan informasi sesuai dengan kebutuhan.  

Auditor pada tahap perencanaan pengawasan dapat menggunakan data yang telah tersaji dalam data base (big data) sebagai dasar desk analysis melalui Si Jam Pang.  

Jika diperlukan pengembangan lebih lanjut, auditor dapat melakukan visitasi atau on the spot untuk memastikan bahwa pelaksanaan kegiatan di lapangan telah tepat mutu, tepat waktu, dan tepat sasaran.  

Sejalan dengan tuntutan masyarakat, maka Inspektorat Jenderal kedepan akan mengembangkan pengawasan (audit) berbasis teknologi informasi, guna mendorong penerapan manajemen risiko, audit berbasis risiko melalui continuous auditing dan continuous monitoring (CA/CM), sehingga keberadaan dan kehadiran Inspektorat Jenderal semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat (stakeholder) Kementerian  Pertanian. 

Perlu diketahui Si Jam Pang menampilkan program kerja kegiatan seluruh unit Eselon I lingkup Kementerian Pertanian secara real time. Dimana Si Jam Pang mengintegrasikan data internal lingkup Kementerian Pertanian seperti BAST Banpem, Simluhtan eRDKK dan aplikasi lainnya pada masing-masing Dirjen teknik serta eksternal.  

Masing-masing unit Eselon I diberikan otorisasi mengakses Si Jam Pang, untuk melihat profil perkembangan kegiatan berbasis Satker dan wilayah Provinsi dan Kabupaten/Kota sehingga tergambar secara jelas kinerja chart, orientasi anggaran dan output kegiatan.  

Data disajikan secara visual melalui pilihan grafik untuk memberikan kemudahan bagi unit kerja melakukan pemantauan dan mitigasi resiko.  

Si Jam Pang memiliki kunggulan dalam proses konsolidasi dan data analitik yang akan dimanfaatkan dalam proses pengawasan untuk melihat secara cermat anomaly data sebagai profil resiko.

Dalam Si Jam Pang disediakan juga fitur catatan pimpinan seperti media komunikasi langsung dalam proses pengendalian untuk memastikan pencapaian target dan sasaran tercapai secara optimal.  

Si Jam Pang juga memberikan notifikasi early warning sistem terintegrasi antara Inspektorat Jendral  dengan Simurp Direktorat Jenderal teknis lingkup Kementerian Pertanian.

Si Jam Pang sebagai implementasi sistem pelaporan terintegrasi yang memudahkan seluruh unit kerja melakukan pemantauan atas pencapaian sasaran pembangunan secara cepat, tepat dan akurat.

Reporter : Eko
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018