Rabu, 28 September 2022


Surat Cinta dari Alor untuk Sinar Tani

29 Agu 2022, 09:28 WIBEditor : Yulianto

Penyuluh di BPP Pantar Tengah | Sumber Foto:BPP Pantar Tengah

TABLOIDSINARTANI.COM, Alor---“Selamat Ulang Tahun Tabloid Tercinta, Sinar Tani Ke 52.” Kalimat yang disampaikan melalui Whatsapp datang dari Koordinator penyuluh pertanian di BPP Kecamatan Pantar Tengah, Kabupaten Alor, NTT, Darius Bler Sir.

Bagi Darius, Tabloid Sinar Tani menjadi media yang bisa memperkenalkan kegiatan penyuluh pertanian di Kecamatan Pantar Tengah ke seluruh Indonesia.  “Kami merasa bangga dengan adanya Tabloid Sinar Tani yang dapat membantu kami menyebarluaskan kegiatan kami ke seluruh pelosok tanah air tercinta ini,” ujarnya.

Bukan hanya itu, Darius juga menganggap Sinar Tani sangat berguna bagi penyuluh dan petani. Sebab, informasi yang ada dalam Tabloid Sinar Tani, baik yang cetak maupun di website tercantum semua hal penting di bidang pertanian.

Dari mulai informasi tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan dan perikanan, bahkan berbagi pengalaman pelaku usaha yang berhasil. Karena itu dirinya mengajak semua teman-teman penyuluh selalu bergandengan tangan untuk selalu membaca Tabloid Sinar Tani agar semakin terbuka wawasan tentang perkembangan pembangunan pertanian di NKRI tercinta ini.

Harapan kami semoga ke depan semua BPP dan PPL di NKRI menjadi mitra Tabloid Sinar Tani dan menjadikan sebagai tabloid kebanggaan penyuluh pertanian,” kata Darius.

Meski belum lama mengenal, ia mengakui, Tabloid Sinar Tani dapat membantu menyebarluaskan hasil karya penyuluh di lapangan. “Kami mencintai Tabloid Sinar Tani, karena sangat membantu untuk menyebar luaskan kegiatan ke seluruh pelosok tanah air kita,” tuturnya.

Apalagi dengan memanfaatkan dunia digital, Tabloid Sinar Tani bisa lebih cepat menyampaikan informasi terkait pembelajaran, pengetahuan dan event mengenai pertanian. Dengan Tabloid Sinar Tani, Darius mengakui, membuat penyuluh semakin semangat mendampingi petani.

Bahkan petani pun lebih giat mengerjakan tugas pokok yakni bercocok tanam di lahan kering, meski hanya menggunakan alat kerja yang sederhana. “Petani tidak menyerah, karena kegiatannya bisa dilihat banyak orang melalui media Sinar Tani. Selamat HUT Tabloid Tercinta, Sinar Tani, Sekali Berjuang Tetap Berjuang,” tegas Darius.

Terus Bertransformasi

Bagi kami, surat dari penyuluh di Kabupaten Alor menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Mereka merasakan bagaimana manfaat besar Tabloid Sinar Tani, baik edisi cetak maupun online sebagai bahan informasi dalam membina petani. Apalagi bagi penyuluh yang berada jauh dari pusat informasi.

Menginjak usia yang tak muda lagi yakni 52 tahun menjadi bagian dari pembangunan pertanian, Tabloid Sinar Tani tak ingin tergilas zaman. Berbagai upaya perbaikan dan transformasi terus kami lakukan.

Di edisi Tabloid Sinar Tani cetak, sejak tahun 2022 kami hadir dengan perubahan cukup besar. Bukan hanya tampilan layout, tapi juga isi tulisan. Sorotan yang merupakan Laporan Utama yang menjadi daya pikat pembaca hadir dalam ulasan cukup banyak yakni 4 halaman.

Untuk mengisi Sorotan, kami selalu menggelar kegiatan webinar dan FGD yang berlangsung setiap minggu dengan narasumber yang kompeten. Isi Sorotan akan ada informasi teknis yang menjadi bahan referensi bagi penyuluh pertanian agar bisa diterapkan petani. Dalam sorotan juga memuat kisah sukses pelaku usaha yang bisa menjadi pelajaran bagi masyarakat atau pembaca Sinar Tani lainnya.

Tim redaksi Sinar Tani juga menyuguhkan Edisi Khusus dan Suplemen yang mengulas isu hangat lainnya. Selain mengembangkan rubrik suplemen, Tabloid Sinar Tani juga menerbitkan E-Paper. Edisi E Paper merupakan Sinar Tani Cetak Plus, yaitu penambahan halaman untuk menampung rubrik lainnya.

Sebagai tabloid dengan pelanggan terbesar penyuluh pertanian, Sinar Tani berkeinginan menampilkan sebanyak mungkin pengetahuan praktis yang bisa diterapkan penyuluh serta pembaca lain. Karenanya, beberapa rubrik menampilkan tulisan teknis, seperti cara budidaya, pengolahan produk, pengendalian hama tanaman.

Selain Tabloid Sinar Tani cetak, website tabloidsinartani.com juga terus dioptimalkan. Keberadaan online memberikan nuansa berbeda bagi pembaca dan pelanggan Sinar Tani yang ingin mengetahui informasi dunia pertanian lebih cepat.

Dalam pengembangan, kami juga sudah mengoptimalkan penyebaran informasi/berita melalui media sosial, baik Facebook, twitter, instagram, bahkan WA grup. Penyebaran berita melalui media sosial tersebut, selain sebagai ajang promosi juga meningkatkan pembaca, khususnya kalangan milenial.  Dengan berbagai upaya tersebut diharapkan Tabloid Sinar Tani tetap menjadi bacaan utama bagi pelaku usaha pertanian.

Reporter : Herman
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018