Sabtu, 24 Februari 2024


Pusat PVTPP Raih Penghargaan Kepatuhan Tertinggi dari Ombudsman

30 Jan 2024, 08:59 WIBEditor : Yulianto

Rapat kerja Pusat PVTPP | Sumber Foto:Humas PPVTPP

TABLOIDSINARTANI. COM, Jakarta---Memasuki tahun 2024, Pusat PVTPP bertekad untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja. Pada tahun 2023, lebih dari 30 inovasi yang telah dikeluarkan. 

Banyak pencapaian yang telah dilakukan Pusat PVTPP. Salah satunya raihan predikat Kepatuhan Tinggi terhadap Standar Pelayanan dari Ombudsman RI. Pusat PVTPP mendapatkan nilai tertinggi dari empat lokus Kementerian Pertanian dan mengalami peningkatan nilai dari tahun 2022.

“Filosofi kerja kita adalah integritas tanpa kompromi. Kita terjemahkan melalui corporate identity kreatif, inovatif, dan kolaboratif,” kata Dr. Ir. Leli Nuryati, M.Sc., Kepala Pusat PVTPP. 

Leli mengingatkan kepada seluruh jajaran unit kerja ini harus memiliki persepsi dan visi yang sama, bahwa tujuan Pusat PVTPP adalah mencapai Wilayah Bebas dari Korupsi.

Leli menyatakan, dalam implementasi kinerja, anggaran menjadi salah satu sumber daya krusial. Kebijakan automatic adjustment (AA) tidak boleh menjadi halangan, maka dari itu tentunya perlu adanya kerja sama yang baik untuk mendorong realisasi.

Pemerintah masih memandang perlu untuk menerapkan kebijakan AA sebagai upaya mitigasi risiko agar APBN mampu menahan guncangan yang ke depan masih diperkirakan akan terjadi. Seluruh K/L diminta untuk memblokir sebagian dari anggaran yang belum prioritas dilaksanakan di awal tahun. Dengan kebijakan ini, K/L diarahkan untuk memprioritaskan belanja yang benar-benar penting. 

Berkaitan dengan kebijakan AA, Kepala Biro Perencanaan Kementan, Dr. Ir. I Ketut Kariyasa, M.Si., menyampaikan, Kementerian Pertanian berperan penting dalam mendukung rencana kerja Pemerintah tahun 2024.

Kementan mencanangkan empat program untuk mengejawantahkan prioritas nasional “Memperkuat Ketahanan Ekonomi untuk Pertumbuhan Berkualitas dan Berkeadilan” melalui dua program prioritas, yaitu peningkatan ketersediaan akses dan kualitas konsumsi pangan dan peningkatan nilai tambah lapangan kerja dan investasi. 

“Kebijakan ini tidak boleh menurunkan motivasi jajaran Kementan untuk terus berkinerja baik,” urainya. Upaya khusus yang akan ditempuh di tahun ini adalah percepatan tanam dan peningkatan produksi padi dan jagung, dan kebijakan AA tidak mengubah total pagu serta anggaran per program.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan dan pembahasan intensif terkait capaian kinerja tahun anggaran 2023 dan rencana kerja masing-masing Bagian dan Kelompok lingkup Pusat PVTPP untuk tahun 2024. 

Pada kegiatan ini, Pusat PVTPP juga memberikan apresiasi best employee untuk kategori ASN dan non-ASN, baik untuk pegawai di kantor pusat maupun di kebun pemeriksaan substantif PVT Mojosari dan Manoko. Apresiasi menjadi salah satu bentuk upaya peningkatan motivasi dan produktivitas dalam memberikan kinerja terbaik.

 

Reporter : Humas Pusat PVTPP
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018