Sabtu, 25 Mei 2024


Pertanian dalam Bingkai Foto di MBloc

04 Apr 2024, 14:41 WIBEditor : Yulianto

Pameran foto pertanian di MBloc | Sumber Foto:Humas Kementan

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Sisi humanisme pertanian tertangkap dalam cepretan foto. Itulah yang nampak pada Pameran Foto Kementerian Pertanian tahun 2024 dibuka Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan) Kuntoro Boga Andri di kawasan tempat nongkrong anak muda Jaksel, di MBloc, Rabu (3/4).

Kuntoro berharap pameran ini menjadi ajang promosi hulu sampai ke hilirnya dunia pertanian tidak hanya menjadi konsumsi masyarakat di daerah saja, namun juga lebih dekat dengan masyarakat perkotaan.

"Kegiatan pameran foto pertanian kali ini merupakan upaya nyata agar pertanian lebih terbuka, terekspos. Kegiatan ini bertujuan mempromosikan pertanian agar dikenal masyarakat secara luas," kata Kuntoro.

Pameran foto yang didukung 24 foto terbaik itu untuk mengangkat potensi sektor pertanian. Pameran tersebut, sambung Boga Andri sangat menarik sehingga ke depan harus ditingkatkan dan lebih sering diadakan.

"Harapannya jika seluruh lapisan masyarakat sadar tentang arti pertanian yang tersampaikan melalui lensa fotografinya, dapat menciptakan kesejahteraan secara meluas," kata Kuntoro.

Seiring dengan pernyataan tersebut, Imam Wahyudi Tenaga Ahli Menteri Bidang Komunikasi Publik Kementan, menyebutkan, foto merupakan medium komunikasi -jembatan untuk menunjukkan bagiamana menariknya dunia pertanian.

"Melalui foto, dan man behind the gun-nya, komposisi gambar dapat menjelaskan karya yang indah-indah. Keindahan dunia pertanian sangat banyak yang bisa disampaikan ke masyarakat," katanya.

Sementara itu Jamal, foto jurnalis dari media Kumparan menyebutkan strategi fotografer untuk mendapatkan komposisi yang terbaik yakni dengan menyesuaikan keinginan audiennya.

"Fotografer harus bisa membaca dan menyesuaikan penikmatnya, terhadap obyek yang diambilnya, untuk pertanian adalah momen kebahagiaan petani adalah yang paling menarik," katanya.

Reporter : Julian
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018