Jumat, 21 Juni 2024


Didukung KPK, Kementen Menuju Wilayah Bebas Korupsi

17 Mei 2024, 16:50 WIBEditor : Herman

KPK Dukung Kementan Bebas Korupsi | Sumber Foto:Istimewa

Sinar Tani, Jakarta --- Target Menteri Pertanian Amran Sulaiman Jadikan Kementan berada diwilayah hijau (bebas koruspsi) mendapatan dukungan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal tersebut disampaikan Deputi Pencegahan KPK di Kantor Pusat Kementan, Kamis (16/5).

Pahala mengatakan sejauh ini berbagai penilaian pada eksternal Kementan masih dalam kondisi baik, meski dari sisi internal memerlukan perbaikan.

Namun dia yakin, jika semua rekomendasi perbaikan KPK dijalankan sampai tingkat eselon 2 maka ke depan kementan akan meraih predikat hijau atau wilayah bebas korupsi.

"Itu semua (rekomendasi) sudah kita bahas dan pak menteri akan merespon dalam waktu satu minggu ke depan sehingga kita akan dapat melihat rekomendasi sampai tingkat eselon 2 jadi bisa sangat detail," katanya.

Pahala berharap, percepatan menuju wilayah hijau terus mendapat dukungan dari semua pihak terutama jajaran kerja di lingkup Kementan agar ke depan lembaga  tersebut betul-betul bersih dari perilaku korupsi. "Itu yang kita harapkan," Katanya.

Sementara itu, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menegaskan pihaknya tidak akan pandang bulu dalam memberantas praktek korupsi di lingkup kementan. Dia meminta jajaran kerjanya bekerja dengan baik dan tidak menerima titipan apapun untuk kepentingan pribadi yang berujung pada korupsi.

"Saya tegaskan jangan ada titipan-titipan jabatan maupun proyek di Kementan. Dan ingat, bila ada yang melanggar aku kasih sanksi berat sampai pemecatan," katanya.

Mentan mengaku tindakan tegas terhadap korupsi sudah dia lakukan sejak mengisi pos Mentan pada periode pertama Presiden Joko Widodo. Saat itu, dia mencopot beberapa pejabat utama yang terbukti berbuat curang.

"Dulu pernah kami lakukan dan berhasil mendapat predikat anti-korupsi terbaik. Jadi Insya Allah ke depan kami perbaiki raportnya," jelasnya.

Reporter : Eko
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018