Kamis, 18 Juli 2024


Bendungan Cipanas Siap Beroperasi, Ini Fungsinya Menurut Wapres Ma'ruf Amin

09 Jul 2024, 16:01 WIBEditor : Gesha

Wapres: Bendungan Cipanas Bisa Jadi Irigasi, Pengendali Banjir, hingga Pembangkit Listrik. | Sumber Foto:Foto: Biro Pers Setwapres

TABLOIDSINARTANI.COM, Sumedang -- Bendungan Cipanas siap beroperasi setelah diresmikan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Selasa (09/07).

Wakil Presiden Ma’ruf Amin secara resmi meresmikan Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat..

Dalam kesempatan itu, beliau menjelaskan bahwa proyek ini dirancang untuk menyediakan solusi terintegrasi, mulai dari irigasi pertanian hingga pembangkit listrik, serta sebagai pengendali banjir untuk masyarakat.

Bendungan Cipanas tidak hanya diharapkan meningkatkan produktivitas pertanian dan mengurangi dampak banjir, tetapi juga memiliki potensi sebagai destinasi wisata baru.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menekankan pentingnya pemanfaatan maksimal bendungan ini untuk masyarakat Kabupaten Sumedang, Indramayu, dan sekitarnya.

“Pembangunan bendungan akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat yang tinggal di hilir bendungan, khususnya jalur irigasi yang berpengaruh langsung pada produktivitas pertanian,” ujar Wapres.

Wapres juga menyoroti pentingnya inklusi bagi masyarakat di hulu bendungan yang mungkin belum merasakan manfaat secara langsung.

Dia menekankan perlunya pemerintah daerah memberikan perhatian khusus untuk pemberdayaan mereka.

Selanjutnya, Wapres meminta agar pengelolaan dan pemeliharaan bendungan dilakukan secara baik dan berkelanjutan untuk memastikan keberlanjutan infrastruktur tersebut.

Unit Pengelolaan Bendungan Cipanas akan melibatkan seluruh jajaran pemerintah daerah dan masyarakat sekitar, dengan tujuan utama menjaga serta memelihara aset ini dengan baik.

Wapres juga mendorong pemerintah untuk menyediakan pendampingan kepada masyarakat guna menghindari potensi kerusakan pada bendungan dan lingkungan sekitarnya.

Dia menegaskan pentingnya menjaga ketahanan air sebagai landasan untuk mencapai ketahanan pangan dan energi yang berkelanjutan di masa yang akan datang.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018