Senin, 18 November 2019


Dirjen Hortikultura Apresiasi Kerjasama CSR Asbenindo

27 Jun 2019, 12:58 WIBEditor : Yulianto

Keluarga besar Asbenindo saat Halal bihalal di Jakarta, Selasa (25/6) | Sumber Foto:Indri

Perusahaan, baik eksportir maupun importir saat ini menjadi penyumbang bantuan terbesar pada korban bencana alam di Konawe, Sulawesi Tenggara sebesar Rp 5 miliar

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Direktur Jenderal Hortikultura Dr. Suwandi mengapresiasi anggota Asosiasi Perbenihan Indonesia  (Asbenindo) yang memberikan benih gratis kepada petani di beberapa wilayah sebagai wujud Corporate Social Responsibility (CSR).

“Benih buah dan sayuran yang dikumpulkan kemudian dibagikan secara gratis ternyata sangat bermanfaat bagi petani, malah sampai kehabisan,” kata Suwandi saat  Halal Bihalal yang Asbenindo di Jakarta, Selasa (25/6).

Suwandi menyebutkan, perusahaan, baik eksportir maupun importir saat ini menjadi penyumbang bantuan terbesar pada korban bencana alam di Konawe, Sulawesi Tenggara sebesar Rp 5 miliar. Karena itu Direktorat Jenderal Hortikultura sangat terbuka dalam menjembatani aspirasi, CSR, dan kerjasama lainnya.

Pada kesempatan itu Suwandi juga menghimbau perusahaan anggota Asbenindo dapat memperluas pasar benih sayuran karena potensinya sangat besar. Riset di bidang perbenihan juga harus dikembangkan. Urusan ekspor, perusahaan yang telah mendapat rekomendasi Asbenindo setelah dokumen-dokumen lengkap, maka saya langsung tanda tangan, lalu izin 3 jam selesai,” ujarnya.

Suwandi juga meminta agar pelaku usaha untuk kreativf pengembangan pasar hortikultura. Misalnya, generasi milenial sekarang gemar memberikan cinderamata di berbagai acara berupa kaktus mini dengan desain kemasan yang cantik. Itu juga peluang pasar potensial, “ ungkapnya.

Komitmen Asbenindo

Ketua Umum Asbenindo, Ricky Gunawan mengatakan, saat ini anggotanya sudah mencapai 70 perusahaan, terdiri dari swasta nasional, BUMN, multi nasional dan puluhan calon anggota. Berdiri sejak 1991, sudah 28 tahun kami Asbenindo berpartisipasi aktif dalam pembangunan pertanian, penyusunan produk perundang-undangan, berbagai kegiatan bidang perbenihan dalam dan luar negeri, dan sesuai tema Halal Bi Halal tahun ini Asbenindo Berkomitmen Meningkatkan Pengembangan Perbenihan Tanaman Pangan dan Hortikultura,” kata Ricky.

Pada kesempatan ini dibahas juga materi tentang  Hama Ulat “Tentara” (Ulat Grayak- red) pada tanaman Jagung Hibrida.  “Hal ini agar anggota Asbenindo mendapatkan pencerahan, solusi masalah, sekaligus ajang tukar menukar informasi antara perusahaan swasta dan pemerintah,” ujarnya.

  

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018