Thursday, 17 June 2021


Keripik Kulit Mangga, Peluang Camilan Baru dari Indramayu

07 Jun 2021, 13:56 WIBEditor : Gesha

Keripik Kulit mangga, peluang baru | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Indramayu --- Siapa yang tidak kenal dengan mangga dan Indramayu?Saat musim panen, harga mangga di Indramayu seringkali anjlok karena melimpah. Padahal, ada peluang camilan yang bisa dibuat masyarakat dari mangga, contohnya Keripik Kulit Mangga.

"Bulan September, Oktober dan November adalah saat musim mangga, dan tidak semua mangga dapat di distribusikan ke konsumen, sehingga banyak mangga yang terbuang atau busuk. Saat musim mangga mencapai 30 ?ri total produksi, dan hal ini bisa dimanfaatkan produk yang memiliki nilai jual tinggi, diantaranya keripik kulit mangga," ungkap peneliti dari Universitas Padjajaran, Endah Wulandari dalam Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat milik Universitas Padjajaran.

Biasanya, mangga dimanfaatkan UKM di daerah Indramayu dengan pembuatan manisan atau penjualan dalam bentuk segar. Namun disisi lain, permasalahan pada UKM manisan mangga adalah limbah kulit mangga yang menumpuk dan menjadi sumber sampah organik, sehingga alternatif pemanfaatan limbah kulit mangga ini menjadi perhatian bagi kalangan UKM manisan mangga di Indramayu.

"Padahal, kulit mangga memiliki jumlah serat pangan yang tinggi baik soluble dan insoluble fibernya. Penambahan kulit mangga pada produk pangan dapat meningkatkan nilai nutrisi pada produk, dimana penambahan kulit mangga dapat meningkatkan aktivitas antioksidan, carotenoid, polifenol, serta serat pangan pada produk pangan fungsional," jelasnya.

Karenanya, Universitas Padjajaran melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat bersama anggota KWT Secawati di Desa Krasak Kecamatan Indramayu dengan anggota 25 orang yang tersebar di beberapa RW untuk mengolah mangga BS menjadi produk yang bernilai.

Pemanfaatan kulit mangga menjadi keripik adalah bisnis yang jarang dilirik orang karena sifat dari kulit mangga yang jarang dikonsumsi orang, yang biasanya dibuang orang. Ditambah banyak konsumen yang tertarik terhadap hal-hal baru dan kreatif, sehingga tidak menutup kemungkinan konsumen akan tertarik terhadap produk ini karena masih tergolong langka.

Promosi dapat dilakukan dengan menitipkan produk keripik ini di toko-toko atau kantin, dengan mencetak brosur atau pamflet, dan dapat juga dilakukan dengan penjualan di media sosial mengingat perkembangan teknologi sekarang dimana mengharuskan pemesanan yang praktis dan mudah.

Cara Membuat

Berikut ini cara membuat Keripik Kulit Mangga

Bahan:

10 kg Buah mangga yang telah setengah matang 

3 kg minyak goreng

350 gram gula pasir

100 gr garam halus

200 gr kapur sirih

Air secukupnya

Cara Membuat Keripik Mangga :

1. Kupas kulit buah mangga hingga benar benar bersih lalu diiris tipis-tipis

2. Campurkan air bersih secukupnya saja menggunakan kapur sirih, aduk hingga merata semuanya

3. Rendamlah buah mangga yang telah diiris tipis tadi ke air kapur sirih sekitar 3 jam

4. Selanjutnya, buah mangga dicuci menggunakan air sampai benar benar bersih, kemudian tiriskan sampai kering tanpa dijemur

5. Masukkan buah mangga ke mesin vacuum frying yang telah diisi menggunakan minyak

6. Tunggu hingga minyak tidak berbuih lagi itu menandakan buah mangga telah matang, angkat tiriskan

7. Rebus gula pasir menggunakan garam ke dalam air mendidih secukupnya sembari diaduk sampai merata serta larut semua

8. Masukkan buah mangga yang telah matang ke rebusan gula serta aduk hingga rata.

9. Keripik mangga siap dikemas serta disajikan

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018