Sunday, 24 October 2021


Rebranding Spaghetti Jagung dan Beras Analog Ala Fits Mandiri

12 Sep 2021, 00:10 WIBEditor : Gesha

Spaghetti jagung | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Agar pangan lokal bisa diterima generasi milenial, perlu adanya rebranding dengan bentuk kekinian. Inilah yang dilakukan PT Fits Mandiri yang melakukan rebranding Spaghetti Jagung dan Beras Analog. 

“Kami me-rebranding mie jagung menjadi Spaghetti, karena kalau dilihat karakternya lebih cocok dengan pasta. Ini cukup dominan kontribusi income nya bagi PT Fits Mandiri, " ungkap  Prof. Slamet Budijanto, Pimpinan PT Fits Mandiri dalam Webinar bertema Jagung, Pangan Sumber Karbohidrat Kaya Manfaat yang diselenggarakan oleh Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Sinar Tani, Rabu (8/9). 

Produk buatan PT Fits Mandiri yang paling banyak diterima pasar adalah Spaghetti Gluten Free berbasis jagung yang mudah diolah, sehat, dapat dijual secara online, memiliki nilai tambah, bahan baku lokal dan harga lebih terjangkau dibandingkan produk impor.

“Sumber karbohidrat tidak harus nasi beras padi. Kami mengembangkan aneka produk berbasis jagung, menyebutnya “kendaraan” diversifikasi pangan, sehingga ibu-ibu rumah tangga dengan mudah mengolah jagung dan tersedia, "jelasnya.

Prof Slamet menambahkan, nilai plus produk ini antaranya bebas gluten, tinggi serat, dapat direkomendasikan untuk penderita diabetes, bebas pengawet, pewarna, pemanis, penguat rasa buatan, dan 100 persen lokal. 

Dalam proses pembuatannya, Prof Slamet mengaku menggunakan teknologi ekstrusi, hot ekstrusion, tanpa pengukusan double. Dalam mesin estrusion tersebut sekaligus proses mixing, gelatinisasi, dan pengadukan.

"Tahun 2012 dengan teknologi sama dengan mie jagung, kami berhasil membuat beras analog dari jagung putih yang rasanya sangat enak persis seperti nasi beras. Kami buat juga nasi liwet dari jagung, serpihan beras analog kami jadikan bubur jagung, bisa juga dijadikan olahan kue. Diversifikasi pangan dari jagung ini luar biasa,” tutur Prof. Slamet.

PT Fits Mandiri, merupakan anak perusahaan PT Bogor Life Science and Technology (BLST, perusahaan induk yang dimiliki IPB University. Didirikan tahun 2015, bertujuan untuk membantu para peneliti IPB University dalam hilirisasi dan komersialisasi dari hasil inovasi unggulan berupa produk olahan pangan yang berbasis pertanian sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Saat ini PT Fits Mandiri telah memproduksi dan memasarkan serangkaian produk makanan dan minuman yang menyehatkan dengan merk FITSME.

“Lifestyle diseases, atau penyakit yang muncul akibat gaya hidup, berkaitan erat dengan pangan. Salah satunya adalah diabetes. Kami melakukan kajian bahwa produk berbasis jagung yang kami jual itu berkadar glikemiks rendah, dan sudah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM),” beber Prof. Slamet. 

Produk-produk PT Fits Mandiri antara lain Spaghetti Gluten Free, beras analog jagung, tepung bumbu gluten free, jahe merah bubuk, ginger latte dan lain-lain dengan pemasaran ke berbagai ritel seperti Kem Chicks, All Fresh, sayur box, dan lain-lain. PT Fits Mandiri juga melayani jasa pembuatan peralatan mesin-mesin pabrik pangan dan pengembangan produk.

 

 

 

 

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018