Saturday, 23 October 2021


Pasar Lelang Komoditi, Fasilitas Pemasaran Produk Petani dari Disperindag Banten

09 Oct 2021, 17:20 WIBEditor : Gesha

Pasar Lelang Komoditas di Banten | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Serang -- Menjawab dinamika pasar produk pertanian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten menyelenggarakan kegiatan pasar lelang terpadu komoditi. 

Distribusi dan mata rantai pemasaran produk pertanian hingga sekarang masih terlalu panjang, akibatnya  pembentukan harga dari produsen ke konsumen menjadi sangat tinggi. Konsumen terkadang sering menjerit ketika harga produk pertanian di pasaran menjadi tidak wajar. Sebaliknya, petani sebagai produsen terkadang dirugikan oleh harga yang jatuh terlalu dalam.

Karena itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten berinisiatif menggelar kegiatan pasar lelang terpadu komoditi. Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 3 kali yaitu tanggal 13, 23 September dan terakhir 6 Oktober 2021.

Dari data pendaftaran baik penjual maupun pembeli disetiap sesi rata-rata dihadiri oleh lebih dari 20 peserta, belum termasuk tamu undangan yang ikut bergabung secara virtual. Artinya kegiatan ini direspon sangat baik oleh para pelaku usaha baik perorangan maupun kelembagaan ekonomi.

Kegiatan pasar lelang terpadu komoditi Provinsi Banten dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagaangan Bapak H.Babar Suharso,ST,M.Si dihadiri oleh beberapa pejabat dari Kementerian Perdagangan RI dan perwakilan Dinas Kabupaten/Kota Se Provinsi Banten.

Meskipun baru pertama kali dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Banten. Beberapa komoditi hasil pertanian , perkebunan, peternakan dan perikanan dari Provinsi Banten yang ditampilkan ternyata sangat banyak sekali jumlahnya, mulai dari Beras, Jagung, Kopi, Bawang Merah, Cabe Merah, Telur Bebek dan Garam. Bahkan produk atau komoditi lokal asli Banten seperti olahan Gula Aren (gula semut) dan Tepung Talas Beneng juga ikut meramaikan kegiatan ini.

Selama 3 sesi pelaksanaan telah terjadi transaksi penjualan yaitu untuk komoditi bawang merah sebanyak 1200 Kg, jagung pipil kering 1000 kg, cabai rawit 200 kg, cabai merah keriting 350 Kg dengan total nilai transaksi Rp 30.200.000,-

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagaangan Bapak H.Babar Suharso,ST,M.Si  berpesan kepada petani sebagi produsen untuk dapat terus meningkatkan produksinya, mutunya , serta ketersediaan pasokannya.

Untuk pelaku usaha khususnya yang ada di Provinsi Banten, dirinya berharap mereka dapat menyerap hasil petani serta membangun komunikasi dengan para petani.

Salah satu petani yang mengikuti lelang komoditi ini, Haji Ulung dari Kabupaten Pandeglang, kegiatan ini membantu dirinya untuk bertemu langsung dengan pembeli. "Harga juga sangat kompetitif, serta adanya jaminan kepastian harga dan pembayaran. Saya berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan di Provinsi Banten, " tuturnya. 

Melihat antusiasme peserta dan pembeli di pasar lelang ini, pelaksana kegiatan berjanji akan membuat lebih semarak lagi di tahun mendatang sebab masih banyak produk-produk pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan serta olahan dari Provinsi Banten yang perlu ditampilkan secara luas.

 

 

 

 

Reporter : Arifullah
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018