Monday, 27 June 2022


Ngabuburit di Padang, Berburu Kue Singgang

06 Apr 2022, 17:04 WIBEditor : Gesha

Kue Singgang | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Padang --- Jika Anda kebetulan sedang berpuasa di Tanah Minang, tak ada salahnya ngabuburit sambil berburu Kue Singgang atau Bika Padang yang kini kian langka. 

Sumatera Barat terkenal akan kelezatan kuliner yang dimiliki seperti ada rendang, dendeng, keripik, dan masih banyak lagi. Selain hidangan tersebut, ada jajanan tradisional yang wajib dicoba saat berada di Sumatera Barat.

Kue singgang namanya. Jajanan tradisional Minang ini terbuat dari tepung beras, tape, gula, santan, garam, dan kelapa parut. Adonan tersebut kemudian dibungkus daun jati dan dimasak dengan cara dipanggang.

Adapula yang menyebut jajanan ini sebagai kue bika Padang. Namun, tampilan kue Singgang berbeda dengan kue Bika Ambon yang bisa kita temukan di Medan. Dari segi bahan pembuatan, kedua kue ini juga berbeda.

Jika masih bingung dengan bentuk antara kedua bika tersebut, bisa dilihat dari tekstur masing-masing. Bika Ambon berwarna kuning atau hijau (pandan) dengan tekstur berlubang-lubang seperti sarang tawon. Sedangkan Bika Padang memiliki warna putih, dengan tekstur dan bentuk layaknya apem. Jika Bika Ambon diolah dengan cara dikukus, sedangkan bika Padang diolah dengan cara dibakar atau dipanggang.

Meskipun jajanan pasar tradisional, kue Singgang nyatanya tidak terlindas oleh zaman. Kue ini tetap menjadi favorit warga Padang hingga saat ini. Selain lezat, kue Singgang juga sangat mengenyangkan. Hanya makan dua kue yang seukuran kepalan tangan saja, perut dijamin sudah terisi.

Tidak hanya itu, kue Singgang juga harganya sangat murah jika dibanding dengan makanan-makanan lainnya. Harga satu kuenya hanya Rp 1.000- Rp 2.000. 

Reporter : Nattasya
Sumber : Culinary of Indonesia
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018