Sabtu, 25 Mei 2019


Gapoktan PUMP Indramayu Sepakat Pasok Beras ke Sub Divre Bulog

16 Mar 2019, 15:19 WIBEditor : Ahmad Soim

Tim Sergap Indramayu | Sumber Foto:Erwin

Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan pelaksanaan serapan gabah/beras oleh Bulog dari Gapoktan, kemudian Bulog akan memasarkan ke Toko Tani Indonesia (TTI) Binaan Kementan.

 

TABLOIDSINARTANI.COM - Gabungan Kelompok Tani PUPM di Indramayu  sepakat untuk memasok 50 ton beras ke Subdivre Bulog Indramayu, paling lambat 7 hari sejak disepakati. Bila PO tersebut sudah terpenuhi, Subdivre Bulog Indramayu akan penerbitan Po yang baru.

Kesepakatan tersebut merupakan  langkah awal kesepakata. Agus Mukhidin dari Gapoktan Pengembangan Usaha Pangan Masayrakat (Gapoktan PUPM) Indramayu mengatakan akan memulai pasokan beras sebesar 50 ton ke Bulog secara bertahap maksimal selama 7 hari. "Bilamana pasokan 50 ton telah terpenuhi akan dilanjutkan dengan penerbitan PO untuk pasokan beras selanjutnya," jelasnya.

Agus Mukhidin yang juga  Ketua Asosiasi Gapoktan PUPM Kabupaten Indramayu menambahkan kesepakatan ini untuk merespon pertemuan SERGAP Provinsi Jawa Barat di Bandung. Tim SERGAP wilayah Subdivre Indramayu lalu melakukan rapat koordinasi di Markas Kodim 0616 Indramayu(14/3). Hadir dalam rakor ini  PJ SERGAP Jawa Barat dari Mabes TNI-AD, Dandim 0616 Indramayu selaku tuan rumah, Kepala Subdrive Bulog Indramayu, Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Indramayu, Dinas Pertanian Indramayu, mitra Bulog dan Gapoktan PUPM binaan Kementan. Dari Kementan hadir Tim SERGAP Pusdiktan yang dipimpin Ir. Erwin Zulkarnaen mewakili PJ SERGAP Indramayu dan Dr. Inti Pertiwi Nashwari, SP, M.Si dari Badan Ketahanan Pangan.

Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan pelaksanaan serapan gabah/beras oleh Bulog dari Gapoktan, kemudian Bulog akan memasarkan ke Toko Tani Indonesia (TTI) Binaan Kementan. Terjalinnya kerjasama kemitraan ini menjawab permasalahan pasar bagi Bulog setelah menyerap gabah/ beras dari petani.

Rantai pemasaran gabah/beras antara Gapoktan, Bulog, dan TTI membuka peluang juga untuk mitra Bulog menyalurkan pasarnya ke Bulog dan masuk ke TTI. Diharapkan target serapan Januari-Maret Subdivre Indramayu untuk gabah sebesar 21.014 dan Beras sebesar 5.090 atau target harian sebesar 600 ton perhari setara beras dapat terwujud.

Skema program serapan adalah buy to sell (BTS), beras gapoktan dibeli BULOG dengan harga 8.300, selanjutnya BULOG menjual ke TTI 8.500.

 

Reporter : Erwin
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018