Friday, 18 June 2021


Terobosan Penyuluhan dengan Inovasi Aplikasi SIMPELLUH BERSAUDARA Berbasis Android

07 Jun 2021, 16:19 WIBEditor : Ahmad Soim

Pelatihan Simpeluh Bersaudara di Aceh | Sumber Foto:RE Gultom

 

 

Oleh: RE Gultom – Sekretaris Perhiptani Sumut

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Aceh – Ada terobosan inovasi yang bisa dimanfaatkan untuk penyuluhan pertanian pada era digitalisasi 4.0, di antaranya degan membuat aplikasi Simpeluh Bersaudara.

Berdasar Undang undang No 16 tahun 2006  tentang Sistim Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan  (SP3K) dan Undang Undang No 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah maka pengelolaan penyuluhan pertanian pun berubah.   Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pun mengeluarkan  Peraturan Menteri Pertanian RI no 49 tahun 2019 tentang Kostratani.

Perlu dilakukan terobosan inovasi guna membangkitkan dan mengelola penyuluhan di era digitalisasi 4.0.  Misalnya dengan membuat SIMPELUH BERSAUDARA yaitu Pengelolaan Penyuluhan Pertanian Bersatu Tanpa Bersua dalam Membangun Daerah.

Kegiatan  Simpeluh Bersaudara ini berbasis APLIKASI ANDROID yang merupakan hasil dari  Diklat Kepemimpinan tingkat III di Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Hukum Administrasi Negara Lembaga Administrasi Negara Republik Insonesia di Aceh Besar tahun 2019.

Dari penggunaan aplikasi ini maka penyuluhan  dan  permasalahan petani akan terjawab secara cepat, tepat, tuntas dalam hitungan menit. Pada akhir yang diharapkan adalah terjadi peningkatan produksi, peningkatan pendapatan petani dan swasembada pangan berkelanjutan.

SIMMPELUH BERSAUDARA melibatkan semua steakholders Pemerintah dan Swasta, yang terintegrasi dalam satu APLIKASI, berbasis Android. Dalam pelaksanaan SIMPELLUH BERSAUDARA, peranan penyuluh hal yang utama, karena penyuluh mempunyai wilayah kerja yang sudah ditetapkan. Penyuluh dalam pelaksanaan tupoksinya adalah merubah sikap pengetahuan dan ketrampilan petani sampai petani mau dan mampu  mengelola usaha taninya. Selanjutnya penyuluh juga membuka akses pasar dengan membangun jaringan kemitraan.

Peran BPP pada SIMPELUH BERSAUDARA, sebagai pusat data, konsultasi agribianis, pelatihan, pembelajaran, percontohan serta promosi produk petani dan perusahaan swasta dan BUMN. Selain dari hal di atas juga tempat penyuluh melaporkan  kegiatan dan permasalahan pertanian di wilayah kerjanya.

BPP melalui petugas Admin mentabulasi untuk dilanjutkan ke Dinas Pertanian Kabupaten semua kegiatan penyuluh , dalam menghimpun ini di pandu oleh KJF BPP.

BACA JUGA:

Peran Dinas Pertanian Kabupaten adalah menghimpun data serta penyelesaian masalah penyuluhan pertanian yang dilaporkan penyuluh pertanian sesuai dengan rencana kerja dan jadwal kunjungan setiap hari, maka Admin kabupaten bersama KJF dan bidang bidang untuk memecahkan serta memberikan solusi atau penyelesaian bisa pada hari itu juga atau esok harinya.

Sebaliknya Dinas pertanian kabupaten memberikan informasi teknologi dan inovasi baik hasil kajian atau hasil riset BPTP dan lainnya.

Peran perusahaan dalam hal ini dapat mengambil peran untuk membeli hasil produksi petani serta memasarkan produk produk perusahaan kepada petani, bisa dengan promosi di BPP atau demplot pada petani sehingga perusahaan terkontrol dalam kegiatannya, yang terkadang merugikan petani serta pemerintah yang kehilangan pajak serta perusahaan merusak lingkungan.

Dengan demikian terjadi transaksi petani dan perusahaan secara cepat, tepat dan tuntas. Dari kegiatan transaksi jual beli melibatkan perbankan yang ada di kabupaten khususnya Bank BUMN.

Dari deskripsi di atas jelas penyuluh pertanian punya andil besar untuk memberhasilkan SIMPELUH BERSUDARA, yang terpenting lagi adalah semua kegiatan penyuluh pertanian secara personal sudah langsung terdata kegiatannya yang mendukung kredit point untuk memudahkan naik pangkat, yang dalam hal ini terkoneksi dengan Badan Kepegawaian Daerah ( BKD ).

 Pemerintah kabupaten kota dan provinsi dapat menggarkan pembiayaan Aplikasi SIMPELUH BERSAUDARA, perlu di tambahkan bahwa pada saat uji kemampuan di Diklat Kepemimpinan memperoleh salah satu yang terbaik.

 ____

 Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/ 

 

 

Reporter : RE Gultom
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018