Thursday, 23 September 2021


REFLEKSI 51 TAHUN

03 Sep 2021, 18:03 WIBEditor : Gesha

Tabloid Sinar Tani dari masa ke masa | Sumber Foto:Julian

Editorial TABLOID SINAR TANI Edisi 08 September 2021

Oleh : Memed Gunawan

Pemimpin Umum Tabloid Sinar Tani

 

Terlahir sebagai pasangan kembar bersama dengan Penyuluhan Pertanian pada tahun 1970, Tabloid Sinar Jaya segera berkiprah menyampaikan informasi teknologi pertanian kepada penyuluh sebagai bekal untuk penyuluhan kepada petani. Tidak pelak lagi penyuluhan saat itu melesat menjadi program yang berperan sangat penting dalam program Bimas. Selain itu didukung oleh fasilitas yang cukup mumpuni, tidak hanya anggaran, tetapi juga sarana lainnya.

Setelah 51 tahun berkiprah, Tabloid Sinar Tani, nama baru dari Sinar Jaya, tentu saja seharusnya sudah menjelma menjadi media yang semakin dewasa. Tabloid Sinar Tani bukan media yang dikelola Kementan, dia adalah media mandiri, media mitra dan kesayangan yang selalu ditunggu kehadirannya oleh Penyuluh Pertanian. Tentu saja Kementan memerlukan Tabloid Sinar Tani karena harus memenuhi kebutuhan informasi teknologi dan peluang bisnis para pelaku bisnis di bidang pertanian. Tabloid Sinar Tani adalah media yang tepat karena menjangkau ke seluruh pelosok Nusantara.

Kontennya sangat terkait dengan perkembangan pertanian yang bergerak dinamis. Teknologi pertanian berubah cepat dan pengelolaan usaha serta strategi bisnis berkembang. Kini persaingan semakin tajam, sehingga menuntut usaha pertanian di dalam negeri efektif dan efisien dalam segala bidang. Tabloid Sinar Tani menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan bisnis pertanian. Oleh karena itu Tabloid Sinar Tani berkomitmen, selalu berusaha membangun semangat perubahan, mendorong kaum muda untuk berperan dalam kegiatan pertanian, yang responsif terhadap adopsi teknologi yang tepat dan manajemen moderen.

Sementara itu, bisnis Tabloid Sinar Tani terus mengukuti perubahan teknologi, pola distribusi, pola pendanaan dan konten yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh penyuluh dan perkembangan pertanian. Tabloid Sinar Tani harus selalu menemukan cara baru yang efisien dan efektif mencapai sasaran pembacanya yang tersebar di seluruh Nusantara dengan beragam kondisinya. Pada Era Digital, ke depan Sinar Tani tidak bisa tidak, harus memanfaatkan teknologi ini dengan segala tantangan dan upaya kerasnya.

Semoga kerjasama dengan berbagai pihak yang selama ini telah terbangun dengan baik akan terus berkembang. Tidak akan berhenti, karena informasi yang diperlukan oleh penyuluh dan petani akan terus berubah. Dan teknologi digital akan memberikan kemudahan bagi pembacanya untuk memperoleh informasi lebih cepat dan lebih akurat.

 

 

 

 

 

 

 

 

Reporter : Memed Gunawan
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018