Tuesday, 11 August 2020


Bapeltan Jambi Latih Petani Milenial agar Mahir Melakukan Pemasaran Online

05 Feb 2020, 10:45 WIBEditor : Ahmad Soim

Pelatihan pemasaran online di Bapeltan Jambi | Sumber Foto:Dok

Untuk meningkatkan kapasitas petani milenial dalam beragribisnis, Bapeltan Jambi mengadakan pelatihan dasar pemasaran agribisnis online.




TABLOIDSINARTANI.COM, Muaro Jambi - Sebanyak 30 orang petani milenial  mengikuti pelatihan dasar pemasaran online yang diadakan Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi sejak 27 Januari 2020.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi, pertama adalah live chatting, dimana semua peserta dimasukan kedalam grup whatsapp kemudian difasilitasi oleh beberapa orang fasilitator sesuai dengan pokok bahasan. Sesi kedua, melakukan uji keterampilan, dimana peserta diminta untuk menyiapkan desain produk yang akan dipromosikan melalui jejaring media sosial. Kemudian peserta diminta untuk mempresentasikan hasil desain produknya.

 Bapeltan Jambi dalam meningkatkan kapasitas petani milenial dalam beragribisnis  salah satunya dengan mengadakan pelatihan dasar pemasaran online melalui pola pelatihan secara online.

Pelatihan secara online ini merupakan jawaban atas berkembangkannya model pelatihan yang diadakan baik oleh lembaga pemerintah ataupun oleh pihak swasta. Sehingga balai pelatihan yang merupakan lembaga pengembangan sumber daya manusia dituntut untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut.

Kepala Bapeltan Jambi Dr. Zahron Helmy menyampaikan  menghadapi perkembangan saat ini dan kedepan perlu ada revitalisasi dan reposisi khususnya yang berkaitan dengan pelatihan (4/2). Karena selama ini pelatihan dilakukan secara konvensional, dimana dilakukan secara klasikal didalam kelas, sehingga hal tersebut perlu penyesuaian.
 
“Selama ini kita melakukan pelatihan secara konvensional, dimana peserta mengikuti pelatihan di kelas-kelas, mengerjakan tugas-tugas yang langsung berhadapan dengan peserta. Kini kita perlu menggadakan pelatihan yang menggunakan teknologi informasi digital, karena kita tengah memasuki industry 4.0”, tambah Kepala Bapeltan.

 Dr. Joni Jafri   fasilitator dalam pelatihan ini mengatakan bahwa sudah saatnya petani milenial menggunakan fasilitas internet yang ada guna memperluas pangsa pasarnya. Dimana dengan kemudahan akses, siapapun dan kapanpun setiap orang bisa melakukan transaksi apa saja melalui internet.

“Sudah saatnya petani milenial memanfaatkan teknologi internet ini, sehingga mampu memperluas jangkauan pasarnya, karena kini siapapun dapat melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja”, terang Dr. Joni yang juga merupakan widyaiswara Bapeltan Jambi.

 Para peserta begitu antusias mengikuti uji keterampilan yang dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 04 sampai 05 Ferbruari 2020.

Reporter : Hendri Y
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018