Friday, 07 August 2020


Kelompok P4S Lampung Berhasil Kembangkan Klaster Budidaya Sapi PO

17 Feb 2020, 14:51 WIBEditor : Ahmad Soim

Kelompok P4S Desa Wawasan Lampung | Sumber Foto:Dok

Setelah ditentukan tingkat harganya dan telah terjadi kesepakan, maka calon peminjam baru boleh membawa anak sapi tersebut.

 

TABLOIDSINARTANI.COM - Atas prakarsa Bank Indonesia dan Pemerintah Australia, Kelompok P4S Desa Wawasan Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan diundang hadir pada acara Workshop Kelompok Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya  (Kelompok P4S) di Kalimantan di bidang peternakan (9-19/2).

 

Kelompok P4S diundang karena dinilai  berhasil dalam mengembangkan  klaster sapi Peranakan Ottawa (PO). Sehingga menjadikan Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan menjadi pusat percontohan pengembangan Klaster sapi PO di tingkat nasional

 

Pengurus dan anggota Kelompok P4S Desa Wawasan terdiri dari masyarakat peternak sapi PO di seluruh kecamatan Tanjung Sari. Kelompok P4S Mandiri Sejahtera Desa Wawasan Kecamatan Tanjung Sari atas bimbingan penyuluh pertanian wilayah desa tersebut juga sudah memiliki koperasi yang telah berbadan hukum.

 

Koperasi Kelompok P4S dibentuk dengan tujuan untuk mensejahterakan anggotanya melalui kegiatan simpan pinjam. Hanya saja peminjaman pada koperasi tidak berbentuk uang, melainkan berupa anak sapi.

 

"Setelah ditentukan tingkat harganya dan telah terjadi kesepakan, maka calon peminjam baru boleh membawa anak sapi tersebut," kata Ketua Kelompok P4S Desa Wawasan Suhadi. Batas peminjanan lanjutnya lebih kurang 3 tahun, dengan harapan sapi pinjaman telah berkembang. Sehingga dengan demikian anggota peminjam telah memiliki sapi sendiri.

 

Keberhasilan Kelompok P4S Mandiri Sejahtera tidak luput dari kerjasama anggota dan pengurusnya sekaligus pembinaan dari penyuluh pertanian setempat. Kedepan semoga masyarakat petani peternak di kecamatan Tanjung Sari dapat maju dan mandiri. Oleh karena itu bimbingan dari dinas intansi terkait sangat kami harapkan. Sehingga kelak terwujud masyarakat yang bersatu, maju dan sejahtera. Negara menjadi kuat.

Reporter : Sularsono
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018