Tuesday, 29 September 2020


Cetak Job Seeker dan Job Creator Handal, Kementan Lakukan Link And Match Dengan KIBIF

04 Sep 2020, 12:39 WIBEditor : Gesha

Kolaborasi dengan KIBIF dan Polbangtan Bogor | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI. COM, Bogor - - Pencetakan milenial yang handal dan dibutuhkan industri juga dilakukan Kementerian Pertanian melalui link and match dengan industri salah satunya adalah perusahaan feed loater, KIBIF. 

Pusat Pendidikan Pertanian melakukan Kegiatan Pertemuan untuk Implementasi penyelarasan kurikulum antara Polbangtan dan KIBIF dilaksanakan di Polbangtan Bogor (Kampus Cinagara) Jurusan Peternakan (3/9). 

Hadir membuka acara tersebut Direktur Polbangtan Siswoyo, yang menegaskan bahwa pertemuan ini harus lebih konkrit sehingga dapat segera operasional, materi pembelajaran Polbangtan harus link and match dan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha/dunia industri. 

"Ada 4 mata kuliah yang terkait dengan KIBIF yaitu Teknologi Produksi Ternak Potong, Penyembelihan Ternak, Pengolahan Limbah Ternak, Pengolahan Hasil Ternak, Nutrisi Dan Pakan Ternak", papar Siswoyo.

Pada pertemuan ini dicapai beberapa kesepakatan berupa lima tahapan kerjasama. Tahap pertama terkait dengan pembahasan kurikulum dan materi kuliah, pembahasan model kerjasama dengan teaching factory (Tefa) pembahasan peluang pengembangan kewirausahaan. 

Tahap kedua yaitu proses magang, yang terdiri dari magang dosen, magang pengelola tefa dan tenaga teknis, magang mahasiswa. "Melalui magang ini diharapkan peserta dapat mengadopsi teknologi dan pola budidaya ternak di Dudi. Peserta pun dapat mengakses peluang usaha  hingga akhirnya mampu membuka usaha dengan modal dana dari PWMP. Tak hanya itu, mahasiswa/alumni dapat mengakses franchise skala kecil-menengah dari KIBIF dan Dudi lain", tambah Siswoyo.

Untuk tahap ketiga adalah  Kuliah/praktek yang dimentori langsung oleh perwakilan dari Dudi sesuai kurikulum yg telah di sinkronkan dengan pelaksanaan Tefa dilanjutkan dengan pemantauan kegiatan tefa oleh Dudi. Tahap keempat adalah pelaksanaan PKL/magang mahasiswa selama 3-6 bulan di semester akhir. Dan tahap kelima  adalah seleksi mahasiswa untuk bekerja di Dudi telah menjalin kerjasama dengan Kementan dalam hal ini Polbangtan.

Untuk magang dosen dan PKL mahasiswa di Kibif pada tahun ini belum bisa dilaksanakan karena adanya  pandemi covid 19.  Diakhir pertemuan, pihak KIBIF dan Polbangtan Bogor kampus Cinagara, merencanakan  kembali akan melakukan pertemuan secara internal dosen-dosen dengan pihak KIBIF untuk menyakan persepsi rencana perkuliahan.

Reporter : Lely
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018