Thursday, 17 June 2021


Masa Depan Cerah bagi Petani Indonesia dari Agrisustineri

04 Jun 2021, 07:23 WIBEditor : Ahmad Soim

Pemberdayaan petani untuk masa depan yang cerah | Sumber Foto:Dok Yasi

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta – Kehadiran inovasi akan membuat petani kecil dapat melakukan kegiatan bertani dengan lebih produktif dan menguntungkan. Dengan membangun kerjasama yang lebih luas dan mengembangkan program-program yang lebih bermanfaat dan efisien, petani Indonesia akan memiliki masa depan yang cerah.

‘Kami mendapatkan lapangan kerja yang menguntungkan dengan terjun menjadi penangkar benih hasil inovasi teknologi,” kata Tohir, petani yang ikut program pemberdayaan Yayasan Agri Sustineri Indonesia (YASI).

“Kami membantu petani kecil melalui inovasi, solusi, dan program yang dikembangkan dan dijalankan di bawah tiga Pilar,” jelas Teddy H Tambu Ketua YASI kepada tabloidsinartani.com (3/6/2021). Ketiga pilar itu yakni, pertama, Seedss To Be Seedss To Be (Seeds2B). Program ini adalah membantu produsen benih lokal untuk menawarkan lebih banyak pilihan benih unggul kepada petani kecil. 

“Benih yang lebih baik dapat membawa perbedaan besar bagi panen petani kecil. Masih banyak petani yang masih belum memiliki pengetahuan tentang varietas yang baik dan mengalami kesulitan menemukan varietas tersebut<” tambahnya.

Tohir, petani penangkar benih

BACA JUGA:

Kedua,  Agricultural Insurance Solutions (AIS) menyediakan akses kepada alat mitigasi risiko (asuransi pertanian) yang memenuhi kebutuhan petani kecil dengan bermitra dengan perusahaan asuransi, lembaga keuangan, dan pemangku kepentingan lainnya.

Ketiga, Agriservices (Usaha Jasa Pertanian) Agriservices menciptakan dan memberdayakan wirausahawan muda di pedesaan melalui agribisnis, sehingga mereka dapat memperoleh informasi dan akses permodalan hingga pasar dan pendapatan yang lebih baik dengan melayani petani lokal.

Fokus Agriservices lanjutnya adalah mengembangkan model bisnis berkelanjutan untuk usaha jasa pertanian pedesaan dengan menghubungkan petani kecil dengan pasar dan meningkatkan pendapatan petani kecil di Indonesia melalui pembinaan dan pendampingan langsung. Program unggulan kami berpusat di Farmer’s Hub, yang kami sebut Pancer Tani. 

“Pancer Tani” jelas Teddy H Tambu adalah suatu peluang usaha dan membantu menggerakkan ekonomi desa, khususnya untuk anak muda (wanita & pria), serta dapat meningkatkan pengetahuan dalam pertanian, mengelola bisnis dan keuangan, serta mengembangkan kemampuan kewirausahaannya agar dapat bersaing. 

Sampai tahun 2020, Agrisustineri telah membantu 104.227 petani mengakses dan menggunakan jasa programnya dengan total luas lahan 24.080 ha. “Asistensi dan dukungan progam produksi benih bersertifikat kami sebanyak 2 ton benih horti/sayuran, 194 ton benih kedelai dan 214 ton benih kentang,” ungkap Teddy sambil menambahkan bahwa produksi itu melibatkan 16 mitra penangkar benih. 

Dalam program Pancer Tani, omset usahanya mencapai Rp 6,97 miliar dan penyaluran kredit untuk program dari mitra YASI sebanyak Rp 2,93 miliar. Program Yasi menjangkau 121 desa, 67 kecamatan, 29 kabupaten dan 15 provinsi.

-----

 Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/

Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018