Senin, 22 April 2019


Greget Penyuluh Pertanian Sejahterakan Petani Rawa di Kalsel

18 Jan 2019, 09:55 WIBEditor : Ahmad Soim

Penyuluh Pertanian bergerak sukseskan Serasi di Kalsel | Sumber Foto:Edizal

Program Serasi di Provinsi Kalsel berada di BPP Kec. Sungai Tabuk yang mencakup 21 desa dengan jumlah penyuluh pertanian 15 orang. Lokasi percontohan program Serasi berada di 2 desa, yaitu Desa Tajau Landung, luas lahan 940 Ha, dan luas lahan perco

 

TABLOIDSINARTANI.COM - Penyuluh Pertanian (PPL) melakukan pembinaan petani rawa agar hidup lebih sejahtera. Dua desa berekosistem rawa di Kalimantan Selatan dijadikan percontohan program Kementerian Pertanian Selamatkan Rawa, Sejahterakan Petani (Serasi) tahun 2019.

 

Koordinator ppl di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sungai Tabuk, Kalsel Yazidi mengatakan para PPL saat ini bersama instansi terkait melakukan perbaikan sarana irigasi lahan rawa di lokasi mereka agar indeks pertanaman (IP) bisa dinaikkan dan produktivitas padinya meningkat.

 

Program Serasi di Provinsi  Kalsel berada di BPP  Kec. Sungai Tabuk yang mencakup 21 desa dengan jumlah penyuluh pertanian 15 orang. Lokasi percontohan program Serasi berada di 2 desa, yaitu Desa Tajau Landung, luas lahan 940 Ha, dan luas lahan percontohan 140 Ha. Poktan yang terlibat pada  percontohan di desa satu poktan dengan 125 org petani. Desa Tajau Ladung terdiri atas 14 poktan,  anggota 313 org, merka membentuk 1 gapoktan dan 1 Unit Pengelolaan Jasa Alsintan (UPJA).

 

Desa percontohan program Serasi lainnya adalah Desa Keliling Banteng Hilir, luas lahan 1600 Ha, luas lahan percontohan 60 Ha. Terdiri atas 16 poktan, anggota 570 org. Poktan yang terlibat 1 poktan (45 org) petani, 1 poktan dan 1 UPJA.

 

 “Selain melakukan pendampingan dan penyuluhan teknis pemanfaatan teknologi untuk lahan rawa,  para penyuluh juga menyiapkan data-data yang diperlukan untuk mendukung kelancaran jalannya kegiatan Serasi, diantaranya menginventarisir data- data kelompoktani dan Gapoktan, UPJA dan alsintan tambahan, Koperasi/ Lembaga ekonomi lainnya, dan Petani Milenial serta menyiapkan rencana pelatihan untuk Petani Milenial,” tambah Yazidi.

 

 BPPSDMP melalui Pusat pelatihan Pertanian, mengamanatkan kepada Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang untuk  membaantu para PPL memberikan pelatihan untuk petani rawa, mulai dari pelatihan alsintan, pengelolaan kelompok, budidaya sampai dengan pengolahan dan pemasaran hasil.

 

Tugas Pusat Pelatihan Pertanian menyiapkan SDM, diawali dengan identifikasi calon peserta latih sampai pembekalan dan pelatihan sesuai kebutuhan untuk mendukung program Serasi.  Dalam arahannya pada saat berdialog dengan para Penyuluh Pertanian se kecamatan Sungai Tabuk, Bustanul berpesan “ agar penyuluh pertanian tetap menjaga semangat dan energi dalam mendampingi petani. Dampingi dan beri semangat petani, berikan solusi terbaik ketika petani menghadapi kesulitan“.

 

BACA JUGA:

> Festival Buah Langka Diserbu Pengunjung

> Buah Surga Antarkan Warta Menginjak Tanah Suci

> Bermitra dengan Perusahaan, Petani Teh Terima KUR Rp 100 Juta

 

 

Program Serasi adalah salah satu program Kementerian Pertanian yang bertujuan untuk menyelamatkan rawa dan mensejahterakan petani dan merupakan program strategi Nasional yang melibatkan beberapa Kementerian dan Lembaga terkait lingkup Kementerian Pertanian antara lain : Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Ditjen Tanaman Pangan, dan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) serta petugas daerah Provinsi dan Kabupaten dinas terkait.

 

Reporter : Edizal
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018